API ITU TERCURAH ATASMU JUGA

30 May 2020

 

Yoel 2 : 28 - 29

                              

28 ”Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. 29 Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

Penemuan api tertua yang direkam sejarah oleh Homo Erectus menjadi sebuah titik balik dalam evolusi manusia. Api menjadi sumber kehangatan dan perlindungan, dipakai untuk menciptakan alat berburu yang lebih maju, metode memasak dan masih banyak lainnya. Alhasil penemuan api ini memajukan budaya manusia purba, memungkinkan mereka untuk berani menyebar ke bagian dunia lain, mencoba hal baru dan melakukan berbagai inovasi.

 

Sobat Teruna, bayangkanlah sebuah api kecil dapat begitu memengaruhi kehidupan semua makhluk maupun benda-benda. Api dapat dengan cepatnya menyebar dan menghanguskan berhektar-hektar hutan atau perumahan. Namun demikian api juga bisa menjadi tempat perlindungan dari kehangatan yang dipancarkannya.

 

Ketika gereja memperingati hari Pentakosta, kita menyadari kembali betapa powerful kekuatan lidah-lidah api Roh Kudus yang tercurah atas para rasul saat itu (baca Kis 2:1-40). Saking kuatnya, para rasul yang tadinya masih bingung dan tak tahu arah tujuan setelah ditinggalkan Tuhan Yesus (kembali ke sorga), berubah 180 derajat. Salah satunya adalah Rasul,Petrus. Dia berani tampil berkhotbah dan menyaksikan kuasa Roh Kudus serta mengutarakan kembali nubuat nabi Yoel dalam bacaan hari ini.

 

Sobat Teruna, Roh Kudus yang dulu hanya tercurah bagi orang-orang pilihan Allah (nabi, raja, hakim-hakim) untuk menjadi perpanjangan tangan Allah di Perjanjian Lama, sebuah hal yang sangat ekslusif, menjadi hal yang inklusif bagi kita semua yang telah mengaku Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat. Roh Kudus adalah Penolong (bnd Yoh. 14:26) yang menerangi hidup kita untuk hidup sesuai dengan perintah Tuhan. Lebih dari itu, api Roh Kudus yang berdiam di hati membuat kita mampu untuk melakukan pekerjaan Kristus yang luar biasa di dunia ini

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Roh Kudus, tolong aku untuk menjadi berani dan bersemangat dalam menyaksikan Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat di mana pun.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon