MATIKANLAH DALAM DIRIMU SEGALA SESUATU YANG DUNIAWI!

4 Jun 2020

 

Kolose 3: 5 - 17

                              

5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala, 6 semuanya itu mendatangkan murka Allah [atas orang-orang durhaka]. 7 Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya. 8 Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu. 9 Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, 10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya; 11 dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu. 12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. 13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. 14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. 15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah. 16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. 17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

Sobat Teruna, sebagian besar dari kita mungkin takut ketika mendengar kata “mati.” Dalam arti yang sesungguhnya, mati ialah ketiadaan nyawa dalam tubuh manusia. Rasul Paulus pada ayat 5 mencoba memakai kata ini sebagai kiasan untuk mengajak bertobat para pengikut Kristus di kota Kolose. Mereka selama ini mengaku sebagai orang Kristen yang mempelajari firman Tuhan. Namun demikian, mereka tetap meneruskan kebiasaan-kebiasaan lama yang bertentangan dengan firman Tuhan atau pengajaran Kristus. Karena itu Rasul Paulus mengajak jemaat di Kolose untuk mematikan – artinya: tidak meneruskan atau mengakhiri cara hidup lama yang mengikuti pola-pola duniawi. Mereka harus menjadi “manusia baru”, yang hanya fokus mengikuti arahan firman Tuhan, bukan yang lain.

 

Sebagai Teruna Kristus, kita juga harus mengakhiri cara hidup duniawi agar benar-benar menjadi pengikut Tuhan Yesus yang setia. Apakah itu sulit? Tuhan Yesus tidak pernah mengatakan, jika kita menjadi pengikut-Nya maka akan mengalami hidup yang lancar dan terhindar dari segala tantangan. Kompetisi di dunia yang instan atau serba cepat ini terkadang menuntut kita untuk melakukan langkah paling gampang atau jalan pintas bahkan mengahalalkan segala cara. Walaupun demikian, ingatlah janji firman Tuhan melalui Roh Kudus bahwa Ia akan menyertai kita sampai dipertemukan kembali dengan-Nya. Jadi jangan lagi kita mengikuti gaya hidup yang duniawi yang bertentangan dengan firman Tuhan.

 

Mari renungkan dan evaluasi hal-hal apa saja yang harus kita matikan dari dalam diri sendiri. Sobat Teruna bisa menuliskannya pada “batu-batu” di bawah ini untuk menunjukkan kesungguhan menjadi manusia baru. Lalu tutuplah saat teduh dengan doa dan komitmen kepada Tuhan Yesus.

 

 

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, dengan pertolongan kuasa-Mu, hari ini aku berjanji bersedia mematikan atau tidak meneruskan semua kebiasaan duniawi yang menghalangi untuk menjadi manusia baru.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon