KEKAYAAN KASIH KARUNIA-NYA


Efesus 1 : 3 - 14

3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. 4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. 5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya, 6 supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya. 7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, 8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian. 9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus 10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi. 11 Aku katakan ”di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan – kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya – 12 supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya. 13 Di dalam Dia kamu juga – karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu – di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. 14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Salah satu arti kata “kaya” di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah: “mempunyai banyak.” Kata “banyak” di sini tidak melulu berbicara soal harta, melainkan segala hal yang berkelimpahan di dalam kita. Ada orang yang kaya akan harta. Ada juga sebagian lagi orang yang kaya akan talenta dan bakat. Tidak sedikit juga kita temukan orang yang kaya akan kemurahan dan kasih. Predikat itu menjadi melekat karena melimpah dan menonjol dalam diri mereka.


Iman Kristen juga berkaitan erat dengan kekayaan. Namun demikian, hal yang dimaksud di sini adalah kekayaan kasih karunia yang dimiliki Allah kita. Di dalam bacaan Alkitab hari ini jelas dinyatakan bahwa penebusan dan pengampunan dosa yang kita terima melalui kematian dan kebangkitan Kristus didasari oleh kekayaan kasih karunia Allah (ayat 7). Artinya anugerah itu diberikan atas inisiatif Allah sendiri yang di dalam diri-Nya memiliki kasih karunia begitu melimpah. Karena itu manusia yang rusak dan cemar akibat dosa, dibenarkan oleh karya penebusan Allah tersebut. Bahkan kekayaan kasih karunia itu sudah direncanakan dan ditetapkan-Nya dari semula (ayat 8-9), yang penggenapannya terjadi di dalam karya Kristus yang mati dan bangkit bagi kita (ayat 10).


Sobat Teruna, sudah sewajarnya hati kita penuh dengan sukacita karena memiliki Tuhan yang berlimpah kasih karunia. Saat kita bangun di pagi ini, angkatlah syukur atas itu semua sambil terus berkomitmen untuk hidup makin berkenan kepada Tuhan hari lepas hari. Kehidupan yang sungguh-sungguh memancarkan kekayaan kasih karunia Tuhan; biarlah senantiasa kita wujudkan dalam iman, perkataan, pengetahuan, serta kerelaan ikut mendukung pelayanan gereja kapan pun dan di mana pun yang memuji kemuliaan-Nya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong ajarlah aku selalu menghayati kekayaan kasih karunia-Mu yang telah memberikan jaminan keselamatan bagiku.