PEDULI PADA YANG MENDERITA

19 Jun 2020

Kejadian 14 : 17 - 20

                              

 17 Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja. 18 Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi. 19 Lalu ia memberkati Abram, katanya: ”Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi, 20 dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu.” Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

 

Melkisedek, imam Allah yang Mahatinggi memberkati Abram. Ia bersyukur atas kemenangan yang diberikan Tuhan kepada Abram. Abram tidak mengambil keuntungan dari kemenangannya karena tujuannya adalah menyelamatkan Lot dan membebaskan tawanan perang.

 

Tuhan ingin kita mencintai kedamaian, menolong yang lemah dan menegakkan keadilan. Hingga kini masih terjadi ketidakadilan dan perselisihan di beberapa wilayah dunia yang menyebabkan rakyat (bukan militer) harus mengungsi. Data Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR) tahun 2019 menunjukkan ada hampir 71 juta orang di berbagai penjuru dunia terpaksa mengungsi akibat perang, penindasan dan konflik. Ini adalah angka tertinggi sejak UNHCR berdiri. Indonesia termasuk negara di mana terdapat sekitar 13 ribu orang yang datang mengungsi. Tanggal 20 Juni diperingati sebagai Hari Pengungsi agar dunia ingat dan peduli pada para pengungsi. Sobat Teruna dapat melihat foto-foto dan memperoleh gambaran lebih jelas bagaimana keadaan para pengungsi melalui tautan di bawah.

 

Mungkin Sobat Teruna berpikir, “Apakah ada yang bisa kita lakukan dan itu berdampak bagi para pengungsi ini?” Sobat Teruna, doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya (Yakobus 5:16b). Mari berdoa bagi kelangsungan hidup para pengungsi, negara-negara tempat mereka berlindung, UNHCR, dan kedamaian di wilayah konflik. Mari berdoa agar Sobat Teruna tumbuh menjadi pribadi yang mencintai kedamaian, menolong yang lemah dan menegakkan keadilan. Mari meneladani Bapa Abram, agar sejak muda kita memiliki sikap peduli pada yang menderita.

 

Tautan sumber informasi dan foto seputar pengungsi: https://m.liputan6.com/global/read/4019232/nasib-pengungsi-terlunta-lunta-di-indonesia-ditolak-negeri-impian

https://m.cnnindonesia.com/internasional/20160620141659-136-139512/potret-pengungsi-anak https://www.voaindonesia.com/a/hari-pengungsi-sedunia-negara-negara-para-pengungsi/4966496.html

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, aku mohon pertolongan-Mu, agar dapat menjadi alat-Mu dalam menunjukkan kasih dan kepedulian pada mereka yang menderita.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon