HIDUP RUKUN DILIMPAHI BERKAT

25 Jun 2020

 

Mazmur 133 : 1 - 3

                              

 1 Nyanyian ziarah Daud.

 

Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya,

         apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!

2 Seperti minyak yang baik di atas kepala

         meleleh ke janggut,

yang meleleh ke janggut Harun

         dan ke leher jubahnya.

3 Seperti embun gunung Hermon yang turun

         ke atas gunung-gunung Sion.

Sebab ke sanalah Tuhan memerintahkan berkat,

         kehidupan untuk selama-lamanya.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

 

Kata “rukun” menunjuk pada satu situasi yang menurut artinya pasti didambakan oleh semua orang untuk dialami, tetapi sangat sulit untuk diwujudnyatakan. Rukun artinya: baik, damai, dan bersatu hati. Siapakah yang tidak menyukai keadaan di mana orang-orang yang hidup di dalamnya selalu merasa baik, tenang dan jauh dari perselisihan?

 

Orang Yahudi sangat memegang teguh yang namanya hidup rukun dalam konteks hidup sebagai satu persatuan umat Tuhan yang dimulai dalam pertalian keluarga yaitu: ikatan famili/marga. Mereka sangat mengutamakan hidup bersama dalam persaudaraan. Apalagi dalam tradisi orang Yahudi sering tanah dan ternak tidak dibagi-bagi antar ahli waris tetapi dikerjakan secara bersama-sama antar kakak beradik. Bekerja bersama tanpa dasar yang kuat yaitu kesatuan hati maka hasilnya tidak maksimal karena akan menimbulkan perselisihan. Itulah sebabnya Pemazmur mengungkapkan: “Alangkah baiknya dan indahnya apabila saudara-saudara diam dengan rukun.” Persekutuan dalam kebersamaan yang mendatangkan kebaikan itu digambarkan seperti “minyak yang meleleh...” Hidup yang rukun akan selalu beroleh aliran berkat dari Atas yaitu Tuhan, “.... sebab ke sanalah Tuhan memerintahkan berkat-Nya.”

 

Apakah Sobat Teruna mau mendapat berkat Tuhan? Berupayalah untuk membangun hidup yang rukun dalam kebersamaan. Kalau hidup rukun, maka apapun yang dikerjakan secara bersama dan seberat apapun, pasti bisa selesai dan hasilnya sangat memuaskan. Bahkan kalau ada anggota keluarga yang telah melakukan perbuatan yang tidak benar, misalnya terlibat dalam narkoba, maka saudara yang lain dapat menyelamatkannya dengan menasihatinya serta membimbing penuh cinta agar dia tidak melakukan lagi. Tuhan memberkati kehidupan yang rukun. Hidup rukun membawa damai sejahtera. Sebaliknya, hidup dalam perselisihan membawa malapetaka. Selamat hidup rukun Sobat Teruna Kristus!

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhanku, tolong jadikan aku pelopor kerukunan dalam keluargaku agar hidup kami diberkati oleh-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon