AUTHENTIC CHURCH

 

Mazmur 136 : 1 - 26

                              

Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Bersyukurlah kepada Allah segala allah! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Bersyukurlah kepada Tuhan segala tuhan! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Kepada Dia yang seorang diri melakukan keajaiban-keajaiban besar! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 5 Kepada Dia yang menjadikan langit dengan kebijaksanaan! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Kepada Dia yang menghamparkan bumi di atas air! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 7 Kepada Dia yang menjadikan benda-benda penerang yang besar; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Matahari untuk menguasai siang; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Bulan dan bintang-bintang untuk menguasai malam! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 10 Kepada Dia yang memukul mati anak-anak sulung Mesir; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 11 Dan membawa Israel keluar dari tengah-tengah mereka;bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 12 Dengan tangan yang kuat dan dengan lengan yang teracung! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 13 Kepada Dia yang membelah Laut Teberau menjadi dua belahan; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 14 Dan menyeberangkan Israel dari tengah-tengahnya; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 15 Dan mencampakkan Firaun dengan tentaranya ke Laut Teberau! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 16 Kepada Dia yang memimpin umat-Nya melalui padang gurun! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 17 Kepada Dia yang memukul kalah raja-raja yang besar;bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 18 Dan membunuh raja-raja yang mulia; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 19 Sihon, raja orang Amori;bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 20 Dan Og, raja negeri Basan; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 21 Dan memberikan tanah mereka menjadi milik pusaka; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 22 Milik pusaka kepada Israel, hamba-Nya! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 23 Dia yang mengingat kita dalam kerendahan kita; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 24 Dan membebaskan kita dari pada para lawan kita; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 25 Dia yang memberikan roti kepada segala makhluk; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 26 Bersyukurlah kepada Allah semesta langit! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

 

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Hari Minggu adalah saat yang indah bagi teruna GPIB untuk beribadah bersama di Gereja. Mungkin tidak pernah terbayangkan oleh kita bahwa pada suatu saat setiap anggota Persekutuan Teruna harus beribadah di rumah masing-masing karena adanya wabah penyakit yang menyebar dengan sangat cepat dan mengancam nyawa. Ada yang mengikuti ibadah minggu di rumah secara live streaming dari canal youtube atau dengan membaca Sabda Bina Umat (SBU) yang dipimpin langsung oleh orangtua. Sekalipun rasanya berbeda karena kita tidak berkumpul bersama teman-teman Persekutuan Teruna, tetapi yang penting hati ini tetap terarah kepada Tuhan.

 

Pemazmur mengajak kita bersyukur kepada Tuhan yang baik, yang kedudukan-Nya di atas segala ilah, yang seorang diri melakukan keajaiban-keajaiban besar dulu, sekarang sampai selamanya. Kemahakuasaan Tuhan dalam mencipta, menghukum dan membinasakan musuh-Nya, membebaskan dan memelihara umat-Nya sungguh nyata. Karena itu pemazmur bukan mengajak kita bersedih atau pun mengarahkan diri kepada keterbatasan manusia, melainkan bersyukur atas pengharapan yang ada dalam kasih setia Tuhan bagi umat-Nya.

 

Keterbatasan ruang gerak akibat pandemic covid-19 telah membuat kita dan banyak keluarga mengalami peribadahan seperti persekutuan yang mula-mula dulu. Inilah authentic church. Gereja sejati adalah peribadahan yang berawal dan dilakukan dari rumah bersama keluarga kecil untuk menghayati karya keselamatan dan kuasa Allah yang besar dan ajaib. Bersyukurlah kepada Tuhan karena Dia tidak membiarkan kita binasa, melainkan dapat menjadi salah satu saksi hidup dari kedahsyatan kuasa-Nya dalam membebaskan dan memulihkan umat manusia dari keterpurukan akibat pandemic covid-19. Sobat Teruna, mari tetap beriman teguh kepada Tuhan dan menyembah-Nya di mana pun kita berada karena kasih setia dan kuasa-Nya sungguh ajaib.

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Sungguh tak terbatas kuasa-Mu Tuhan. Aku mau tetap sujud menyembah-Mu dan bersyukur kepada-Mu karena kasih setia-Mu nyata dalam hidupku dan atas dunia ini.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon