INSTALL YOUR HEART

 

Amsal 14 : 21 - 23

                              

21 Siapa menghina sesamanya berbuat dosa,tetapi berbahagialah orang yang menaruh belas kasihan kepada orang yang menderita. 22 Tidak sesatkah orang yang merencanakan kejahatan?Tetapi yang merencanakan hal yang baik memperoleh kasih dan setia. 23 Dalam tiap jerih payah ada keuntungan,tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja.

 

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Selama pandemic covid-19 melanda negeri ini, setiap hari kita mendapat berita tentang jumlah orang yang positif terpapar, meninggal dunia dan juga yang sembuh. Di antara mereka yang meninggal dunia akibat terpapar virus Corona ini, ada dokter maupun perawat yang sedang berjuang melaksanakan tugas mulia mereka. Kita bangga atas dedikasi dan pengorbanan para medis yang gugur dalam melaksanakan tugas merawat pasien yang terkena virus Corona. Namun demikian, di tengah suasana dukacita yang mendalam, ada oknum-oknum di tengah masyarakat yang memprovokasi warga untuk menolak para medis tersebut dikuburkan di tempat pemakaman umum karena takut tertular virus korona. Kita bersyukur pemerintah segera bertindak menangkap oknum-oknum tersebut karena dianggap telah menghina dan tidak berbelaskasih kepada para korban serta menyulitkan pihak rumah sakit dan keluarga yang sedang berdukacita.

 

Dalam firman Tuhan telah tertulis, “Siapa menghina sesamanya berbuat dosa” (ayat 21). Rencana kejahatan yang didorong oleh kuasa dosa, arahnya selalu ke perilaku yang menyimpang dari aturan baku maupun rasa kemanusiaan yang wajar. Karena itu perbuatan dosa selalu mengakibatkan ketidaktentraman dan penghukuman. Siapa pun yang merencanakan dan melakukan kejahatan, orang bilang ‘tidak punya hati’ atau tega, ada yang kurang dalam dirinya, yaitu kasih Kristus. Dia belum memasang ‘program kasih Kristus’ pada hatinya.

 

Sobat Teruna, mari ‘pakai hati’ yang diinstal atau ‘dipasang program’ yang sesuai dengan firman Tuhan dalam berbicara dan berbuat sesuatu. Maksudnya agar yang keluar dari hati adalah perkataan dan perbuatan yang menyatakan tentang kasih Kristus khususnya kepada mereka yang menderita. Dengan demikian baik kita maupun orang lain sama-sama bersukacita karena beroleh berkat dari Tuhan.

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Roh Kudus, aku memohon berkaryalah dalam diriku agar hatiku memiliki belaskasih kepada orang lain, khususnya mereka yang menderita karena Kristus telah lebih dahulu mengasihiku.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon