“ABABIL”

18 Jul 2020

 

1 Petrus 1 : 1 - 12

                              

1 Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia, 2 yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu. 3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, 4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu. 5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir. 6 Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. 7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu – yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api – sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya. 8 Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan, 9 karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu. 10 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu. 11 Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu. 12 Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.

 

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Sobat Teruna pasti tahu istilah Ababil; Anak BAru gede laBIL. Maksudnya seorang remaja yang belum mempunyai pendirian tetap. Hari ini bilangnya “like”, eh besoknya “dislike.” Kata orang Solo: “pagi kedele, sore tempe.” Mudah berubah tergantung “sikon.”

 

Ada istilah “Ababil” yang berbeda dengan yang di atas tadi. “Ababil” ini kepanjangannya, Anak Bapa yang Stabil. Stabil berarti teguh, kokoh, tidak goyah dan mantap. Melalui suratnya, Petrus hendak mengajarkan kepada jemaat (1:1) bahwa karya keselamatan dari Allah Bapa, melalui Putra-Nya Yesus Kristus telah menghantar jemaat pada hidup yang penuh pengharapan. Yesus bukan PHP (Pemberi Harapan Palsu), tapi PHS (Pemberi Harapan Sejati). Sebab itu, jemaat hendaknya beriman teguh. Walau menghadapi banyak cobaan, namun justru menjadi kesempatan bagi jemaat untuk membuktikan kemurnian imannya. Iman yang kokoh, tidak goyah. Memang jemaat belum pernah melihat Yesus dengan mata kepala sendiri, tapi Roh Kudus menuntun mereka menjadi percaya dan mengasihi Dia. Itulah yang membuat jemaat sebagai anak-anak Bapa dapat terus melangkah dengan mantap dalam perjalanan hidupnya. Mereka hidup dalam pengharapan, iman dan kasih kepada Yesus Kristus.

 

Sobat Teruna, belajar dari firman Tuhan hari ini, kita diingatkan untuk bukan lagi menjadi anak baru gede yang labil, tapi anak Bapa yang stabil. Mari menjadi teruna Kristen yang tetap berpengharapan teguh pada Allah Bapa, kokoh beriman kepada Yesus Kristus, melangkah mantap dalam kasih dan pimpinan Roh Kudus. Ayo “Ababil”, kita terus berkiprah. Tantangan dan persoalan selalu saja ada, tetapi kita tidak sendirian melangkah. Ada Tuhan Yesus, Pemberi Harapan Sejati yang selalu setia menyertai.

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Bapa, tolong bentuklah aku menjadi anak-Mu yang stabil dengan beriman teguh pada Yesus Kristus, dan mantap melangkah dalam kasih dan pimpinan Roh Kudus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon