FOLLOWER KRISTUS

21 Jul 2020

 

1 Petrus 3 : 8 - 10

                              

8 Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati, 9 dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab: 10 ”Siapa yang mau mencintai hidupdan mau melihat hari-hari baik,ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahatdan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Rukun nggawe santoso, crah nggawe bubrah. Artinya, “rukun membuat kuat sentosa, bertengkar membuat rusak.” Demikian tuturan kearifan budaya Jawa yang mengandung pesan untuk merawat kasih dan perdamaian di tengah pergaulan manusia.

 

Pesan senada juga disampaikan Petrus dalam teks hari ini kepada jemaat yang sedang menghadapi kebencian dan permusuhan. Petrus memesankan lima hal yang harus tetap ada dalam diri para pengikut Kristus. Pertama, orang Kristen hendaknya harmonis yakni seia sekata dalam mencapai tujuan bersama. Mereka harus menjaga kebersamaan dan kekompakan. Kedua, orang Kristen harus sama-sama memiliki rasa belas kasihan terhadap sesama manusia. Hindari sikap mementingkan diri sendiri dan mengabaikan sesama. Ketiga, orang Kristen terpanggil untuk hidup dalam kasih dengan melihat dan memperlakukan orang lain sebagai sahabat dan saudara. Keempat, sungguh mulia bila orang Kristen peduli dan berbagi dengan orang-orang di sekitarnya. Mereka bukan hanya menjadi penerima rahmat, tapi juga pembagi berkat. Kelima, orang Kristen baiklah dengan rendah hati menghargai orang lain, tulus mendukung keberhasilan sesama. Sebaliknya, orang Kristen tidak boleh iri dan benci apalagi mencaci maki. Dengan mewujudkan kelima hal itu, kehadiran orang Kristen akan turut berkontibusi untuk menciptakan kehidupan yang rukun, kuat dan sentosa.

 

Sobat Teruna, mari cermati pergaulan kita akhir-akhir ini. Begitu mudahnya orang tertentu menyerbarluaskan ujaran/perkataan kebencian atau permusuhan kepada sesama yang berbeda agama dan kepercayaan, khususnya. Orang seperti itu mungkin mulutnya diam tapi jarinya asyik mengetik dan mengunggah berbagai konten berisi sindiran bahkan makian. Ingatlah, jangan menjadi follower mereka. Kita adalah follower Kristus, pembawa kasih dan damai sejati.

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong jadikan aku pemberita kasih dan damai melalui tutur dan laku hidupku, supaya layak disebut sebagai anak-Mu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon