BUKAN HIDUP ASAL HIDUP

23 Jul 2020

 

1 Petrus 4 : 7 - 11

                              

7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. 8 Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. Berilah tumpangan seorang akan yang lain dengan tidak bersungut-sungut. 10 Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah. 11 Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.

 

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Berdoalah seperti besok engkau akan mati dan bekerjalah seperti engkau akan hidup seribu tahun lagi.” Makna ungkapan tersebut yakni pertama, mengingatkan seseorang supaya tekun dan bersungguh-sungguh bila berdoa karena hidup ini terbatas. Belum tentu besok ada kesempatan untuk kita menyampaikan syukur dan permohonan kepada Tuhan. Kedua, hendaknya kita rajin dan bersemangat mempersiapkan masa depan agar beruntung dan berbahagia.

 

Petrus menulis kepada jemaat bahwa kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Artinya kita berada di tengah perjalanan kehidupan yang pasti akan berakhir. Entah kapan itu terjadi hanya Tuhan yang tahu, namun cepat atau lambat pasti ada ujungnya. Sebab itu orang Kristen hendaklah menguasai diri dan menjadi tenang, supaya bisa tetap fokus berdoa. Jangan sampai saking banyaknya pekerjaan/tugas yang harus dilakukan sehingga tidak punya waktu sejenak, tenang dan berdoa. Jemaat harus ingat untuk menyisihkan waktu bersaat teduh sejenak dengan berdoa dan merenungkan firman Tuhan sebelum mulai beraktivitas. Selanjutnya Petrus juga mengingatkan jemaat untuk bukan hanya berdoa tapi juga berkarya.

 

Orang Kristen harus sungguh-sungguh melakukan karya kasih dalam hidupnya, seperti memberi tumpangan tanpa bersungut-sungut. Mereka harus tulus. Mereka juga diminta untuk menggunakan talenta dan bakat yang Tuhan berikan untuk melayani dengan senang hati, bukan sekedar basa-basi atau ingin dipuji. Mereka juga dinasihati agar menggunakan mulut untuk menyampaikan perkataan firman Tuhan yakni Kabar Keselamatan, Berita Kebenaran yang menguduskan (Yoh.17:17) supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu.

 

Nasihat di atas juga berlaku bagi kita. Mari doakanlah apa yang kita akan lakukan. Selanjutnya lakukanlah apa yang telah kita doakan. Niscaya kemuliaan Tuhan akan terpancar dalam diri Sobat Teruna Kristus. 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, aku mohon pakailah hidupku untuk memberitakan kasih-Mu kepada semua orang demi kemuliaan nama-Mu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon