BONUS TUHAN UNTUKMU

25 Jul 2020

 

2 Petrus 1 : 3 - 9

                              

3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. 4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia. 5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, 6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, 7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang. 8 Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita. 9 Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena ia lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan.

 

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Sobat Teruna, tahun 2030 Indonesia akan mengalami bonus demografi. Artinya jumlah penduduk usia produktif (15 – 64 tahun) akan lebih banyak daripada yang non-produktif (15 tahun ke bawah dan 64 tahun ke atas). Persaingan ketat pasti terjadi. Pribadi yang mampu bertahan adalah mereka yang memiliki derajat pengetahuan (knowledge) dan perilaku (behavior) yang mumpuni. Sobat Teruna akan menjadi satu dari 190-an juta jiwa penduduk dengan usia produktif saat itu. Apakah yang harus Sobat Teruna lakukan agar kelak menjadi pribadi unggul, baik dalam pengetahuan maupun kelakuan?

 

 

Mencermati surat 2 Petrus, kita menemukan pesan-pesan firman Tuhan yang membentuk kepribadian seseorang menjadi unggul. Pertama, dengan mengingat bahwa di dalam diri kita ada kuasa Allah yang mengarahkan untuk melakukan segala sesuatu yang berguna. Kuasa itu menolong kita untuk semakin mengenal Kristus dan turut ambil bagian dalam perbuatan yang berkenan kepada-Nya. Sebab itu, membuang waktu untuk memuaskan nafsu duniawi adalah pekerjaan sia-sia, tanpa manfaat dan menuju kebinasaan. Kedua, dengan berusaha sungguh-sungguh mendapatkan pengetahuan. Jangan mudah menyerah pada kesulitan atau tantangan yang menghadang. Berdoalah dengan sungguh-sungguh memohon bantuan Tuhan supaya kita bisa menguasai diri dan tetap memiliki ketekunan untuk meningkatkan kualitas hidup beriman dan kecakapan ilmu pengetahuan. Ketiga, dengan menjadi pribadi yang selalu mewujudkan kasih kepada semua orang. Jangan merasa diri paling hebat, lalu merendahkan orang lain. Makin seseorang mengenal Tuhan dan menyadari kasih karunia-Nya, semakin dia mengasihi lebih banyak orang. Mari menerima dengan syukur nasihat firman Tuhan melalui Rasul Petrus hari ini, dan persiapkan diri dalam menyambut bonus demografi, bonus Tuhan untuk Sobat Teruna di masa depan! 

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

TuhanYesus, aku mohon bentuklah diriku menjadi pribadi yang berkualitas dalam pengetahuan dan berperilaku baik, dengan taat beriman kepada-Mu dan suka mengasihi sesama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon