TEMPAT TINGGAL PERMANEN

28 Jul 2020

Oleh :

 

Yosua 14 : 1 - 5

                              

1 Inilah semuanya yang diterima oleh orang Israel sebagai milik pusaka di tanah Kanaan, yang telah dibagikan kepada orang Israel oleh imam Eleazar, dan Yosua bin Nun dan para kepala kaum keluarga dari suku-suku mereka, 2 dengan mengundi milik pusaka itu, seperti yang diperintahkan Tuhan dengan perantaraan Musa mengenai suku-suku yang sembilan setengah itu. Sebab kepada suku-suku yang dua setengah lagi telah diberikan Musa milik pusaka di seberang sungai Yordan, tetapi kepada orang Lewi tidak diberikannya milik pusaka di tengah-tengah mereka. Sebab bani Yusuf merupakan dua suku, Manasye dan Efraim. Maka kepada orang Lewi tidak diberikan bagiannya di negeri itu, selain dari kota-kota untuk didiami, dengan tanah penggembalaannya untuk ternak dan hewan mereka. Seperti yang diperintahkan Tuhan kepada Musa, demikianlah diperbuat oleh orang Israel dan dibagi-bagi merekalah negeri itu.

 

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

 

Bagaimana perasaan Sobat Teruna ketika hal yang diperjuangkan membuahkan hasil yang luar biasa? Pasti hati kita sangat bersukacita karena yang selama ini ada di angan-angan, sekarang menjadi kenyataan. Contohnya, ketika keluarga kita merindukan mempunyai tempat tinggal sendiri agar tidak berpindah-pindah lagi dari rumah kontrakan yang satu ke yang lain, lalu akhirnya dapat terwujud berkat pertolongan Tuhan. Waah…, pasti kita sangat gembira dan bersyukur kepada Tuhan. Demikian pula yang dialami oleh Bangsa Israel. Setelah sekian lama menanti dan berjuang, akhirnya mereka berhasil menduduki wilayah-wilayah Kerajaan di Utara, Timur, Selatan dan Barat Tanah Kanaan. Perjalanan panjang Bangsa Israel saat keluar dari Mesir sampai masuk Tanah Kanaan tercatat selama 40 tahun. Itu belum ditambah dengan waktu selama perjuangan merebut kota-kota di Kanaan. Jadi bisa kita bayangkan euforia mereka saat menerima Tanah Pusaka itu. Tentu mereka tidak berhenti bersyukur atas kasih perjanjian Tuhan yang sungguh-sungguh nyata. Mereka kemudian membagi-bagi tanah hasil perjuangan itu dengan cara mengundi, seperti yang diperintahkan Tuhan melalui perantaraan Musa dulu. Acara pembagian tanah melalui pengundian itu dipimpin oleh Imam Eleazar (anak Imam Harun) dan Yosua bin Nun disaksikan oleh para kepala kaum keluarga masing-masing suku.

 

 

Sobat Teruna, bila akhirnya perjuangan kita membuahkan hasil, maka jangan lupa bersyukur kepada Tuhan karena semua keberhasilan itu adalah atas perkenanan-Nya. Semakin kita diberi berkat berlimpah, biarlah bertambah taat melakukan apa yang diperintahkan Tuhan, khususnya dalam menyatakan keadilan untuk kemaslahatan bersama. Tuhan tidak pernah lalai menyatakan janji-Nya. Kita pun harus menyatakan janji kesetiaan kepada Tuhan agar kelak dilayakkan beroleh tempat tinggal yang kekal di sorga.

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus tolong bantu aku untuk taat melakukan perintah-Mu bagi kepentingan bersama sebagai wujud syukur atas kasih perjanjian-Mu yang nyata dalam hidupku dan keluargaku.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon