MELAWAN LUPA

30 Jul 2020

Oleh :

 

Yosua 24 : 1 - 13

                              

1 Kemudian Yosua mengumpulkan semua suku orang Israel di Sikhem. Dipanggilnya para tua-tua orang Israel, para kepalanya, para hakimnya dan para pengatur pasukannya, lalu mereka berdiri di hadapan Allah. 2 Berkatalah Yosua kepada seluruh bangsa itu: ”Beginilah firman Tuhan, Allah Israel: Dahulu kala di seberang sungai Efrat, di situlah diam nenek moyangmu, yakni Terah, ayah Abraham dan ayah Nahor, dan mereka beribadah kepada allah lain. 3 Tetapi Aku mengambil Abraham, bapamu itu, dari seberang sungai Efrat, dan menyuruh dia menjelajahi seluruh tanah Kanaan. Aku membuat banyak keturunannya dan memberikan Ishak kepadanya. 4 Kepada Ishak Kuberikan Yakub dan Esau. Kepada Esau Kuberikan pegunungan Seir menjadi miliknya, sedang Yakub serta anak-anaknya pergi ke Mesir. 5 Lalu Aku mengutus Musa serta Harun dan menulahi Mesir, seperti yang Kulakukan di tengah-tengah mereka, kemudian Aku membawa kamu keluar. 6 Setelah Aku membawa nenek moyangmu keluar dari Mesir dan kamu sampai ke laut, lalu orang Mesir mengejar nenek moyangmu dengan kereta dan orang berkuda ke Laut Teberau. Sebab itu berteriak-teriaklah mereka kepada Tuhan, maka diadakan-Nya gelap antara kamu dan orang Mesir itu dan didatangkan-Nya air laut atas mereka, sehingga mereka diliputi. Dan matamu sendiri telah melihat, apa yang Kulakukan terhadap Mesir. Sesudah itu lama kamu diam di padang gurun. 8 Aku membawa kamu ke negeri orang Amori yang diam di seberang sungai Yordan, dan ketika mereka berperang melawan kamu, mereka Kuserahkan ke dalam tanganmu, sehingga kamu menduduki negerinya, sedang mereka Kupunahkan dari depan kamu. Ketika itu Balak bin Zipor, raja Moab, bangkit berperang melawan orang Israel. Disuruhnya memanggil Bileam bin Beor untuk mengutuki kamu. 10 Tetapi Aku tidak mau mendengarkan Bileam, sehingga ia pun memberkati kamu. Demikianlah Aku melepaskan kamu dari tangannya. 11 Setelah kamu menyeberangi sungai Yordan dan sampai ke Yerikho, berperanglah melawan kamu warga-warga kota Yerikho, orang Amori, orang Feris, orang Kanaan, orang Het, orang Girgasi, orang Hewi dan orang Yebus, tetapi mereka itu Kuserahkan ke dalam tanganmu. 12 Kemudian Aku melepaskan tabuhan mendahului kamu dan binatang-binatang ini menghalau mereka dari depanmu, seperti kedua raja orang Amori itu. Sesungguhnya, bukan oleh pedangmu dan bukan pula oleh panahmu. 13 Demikianlah Kuberikan kepadamu negeri yang kamu peroleh tanpa bersusah-susah dan kota-kota yang tidak kamu dirikan, tetapi kamulah yang diam di dalamnya; juga kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun yang tidak kamu tanami, kamulah yang makan hasilnya.

 

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

 

Sobat Teruna, ada sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta yang berjudul “Melawan Lupa.” Itu adalah sebuah program acara dokumenter yang mengulas berbagai peristiwa bersejarah yang ikut membentuk Indonesia. Acara ini menampilkan para narasumber yang menceritakan kembali peristiwa-peristiwa yang terjadi di waktu lalu. Narasumber adalah orang yang mengetahui secara pasti kejadian-kejadian yang diangkat dalam cerita karena mereka mengalami sendiri peristiwa tersebut. Acara ini diperuntukkan bagi orang-orang yang menolak lupa atas segala peristiwa yang terjadi di Indonesia.

 

Dalam bacaan Alkitab hari ini, Sobat Teruna seperti sedang diajak menyaksikan acara “Melawan Lupa” dengan topik Sejarah Bangsa Israel. Yosua sebagai narasumber utama acara ini sedang menyampaikan perkataan Allah untuk Bangsa Israel, dengan menceritakan kembali kisah nenek moyang mereka. Yosua pun mengingatkan Bangsa Israel untuk menghormati Allah dan tetap setia beribadah kepada-Nya.

 

Digugah dengan peristiwa-peristiwa bersejarah tersebut membuat Bangsa Israel kembali ingat akan kebaikan kasih Allah dan kebesaran kuasa-Nya yang menuntun dan melindungi umat-Nya. Mereka ingat akan bapak-bapak leluhur yang menjadi contoh orang yang beriman dan setia kepada Allah. Mereka ingat akan kejadian-kejadian ajaib yang dialami.

 

Apakah Sobat Teruna dapat menceritakan kembali peristiwa-peristiwa bersejarah yang dialami oleh keluarga maupun diri sendiri? Peristiwa yang menceritakan bagaimana Allah menjaga ayah-ibu-kakak-adik maupun menuntun dan membuat kita berhasil? Dengan mengingat peristiwa-peristiwa tersebut dapat membantu Sobat Teruna semakin kagum dan mengasihi Allah. Iman percaya kita akan bertumbuh sehingga tidak ragu melangkah di masa depan karena Allah pasti menjaga dan memelihara seperti yang dilakukan-Nya terhadap Bangsa Israel dari waktu ke waktu. Karena itu Sobat Teruna, jangan lupakan kebaikan Allah.

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Bapa yang Mahakasih, aku bersyukur Engkau selalu menjaga dan memelihara hiduku dan keluargaku. Tolong ajar aku untuk terus mengingat kebaikan kasih-Mu dan menceritakannya kepada orang lain sebagai kesaksian iman yang hidup.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon