JANJI SETIA

31 Jul 2020

Oleh :

 

Yosua 24 : 25 - 28

                              

25 Pada hari itu juga Yosua mengikat perjanjian dengan bangsa itu dan membuat ketetapan dan peraturan bagi mereka di Sikhem. 26 Yosua menuliskan semuanya itu dalam kitab hukum Allah, lalu ia mengambil batu yang besar dan mendirikannya di sana, di bawah pohon besar, di tempat kudus Tuhan. 27 Kata Yosua kepada seluruh bangsa itu: ”Sesungguhnya batu inilah akan menjadi saksi terhadap kita, sebab telah didengarnya segala firman Tuhan yang diucapkan-Nya kepada kita. Sebab itu batu ini akan menjadi saksi terhadap kamu, supaya kamu jangan menyangkal Allahmu.” 28 Sesudah itu Yosua melepas bangsa itu pergi, masing-masing ke milik pusakanya.

 

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Aku percaya kepada Allah, Bapa yang Mahakuasa, Khalik langit dan bumi….” Ini adalah kalimat awal Pengakuan Iman Rasuli. Dengan mengucapkan tiap kalimat, kita sedang memperbarui pengakuan iman percaya kepada Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus.

 

Dalam nas Alkitab hari ini, saat Yosua hendak melepas keduabelas suku Israel kembali ke tanah pusaka masing-masing, dia mengumpulkan mereka terlebih dahulu di Sikhem. Yosua memberikan pilihan kepada Bangsa Israel, apakah mereka mau setia dan beribadah kepada Allah atau menyembah allah-allah orang asli Kanaan. Yosua menjelaskan resiko yang akan terjadi jika menyembah allah-allah orang Kanaan, yaitu Bangsa Israel akan dibinasakan oleh Allah (Yosua 24:20) karena mereka adalah umat pilihan yang hanya boleh menyembah DIA.

 

Yosua mengajak Bangsa Israel untuk kembali mengucapkan janji setia kepada Allah. Mereka pun memperbarui perjanjian di hadapan Allah dengan mengucapkan, “Kepada TUHAN, Allah kita, kami akan beribadah, dan firman-Nya akan kami dengarkan” (ayat 24). Lalu Yosua menuliskan kejadian ini pada kitab hukum Allah. Ia kemudian mengambil batu sebagai tanda yang mengingatkan Bangsa Israel akan janji mereka di hadapan Allah.

 

Sobat Teruna, kita pun umat pilihan Allah. Firman Tuhan hari ini juga berlaku bagi kita. Mari memperbarui janji kita kepada Allah. Kita mengucapkan kembali kalimat janji Bangsa Israel di atas. Sebagai pengingat, kita dapat membuat suatu tulisan pada kertas yang berisi kalimat janji tadi. Kemudian kita hias dan tempel pada dinding kamar. Itu adalah janji kita kepada Allah yang harus ditepati!

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Allah, tolong aku menjadi umat-Mu yang setia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon