DOA SEBAGAI PERNYATAAN KASIH DAN KEBENARAN

3 Aug 2020

 

3 Yohanes 1 : 1 - 2

                              

1 Dari penatua kepada Gayus yang kekasih, yang kukasihi dalam kebenaran. 2 Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Sobat Teruna, kasih dan kebenaran merupakan pesan penting yang dituliskan oleh Yohanes kepada Gayus. Kita akan belajar tentang bagaimana kasih dan kebenaran itu dinyatakan dalam sikap sehari-hari. Yohanes pada suratnya yang ketiga ini, pertama-tama memuji Gayus karena kebenaran hidupnya yang dinyatakan dalam perbuatan-perbuatan kasih yang sederhana tapi nyata. Rupanya dalam kegiatan pekabaran injil pada zaman itu, Gayus bukan saja menjadi seorang pelayan Tuhan di dalam ibadah-ibadah. Ternyata Gayus juga menyediakan rumahnya. Dia bersama seisi rumahnya menerima para rasul untuk singgah, bermalam dan menikmati keramahan keluarganya.

 

 

Bagi Yohanes apa yang ditunjukkan oleh Gayus adalah contoh perbuatan kasih. Hal itu menandakan bahwa Gayus bersama keluarganya hidup dalam kebenaran. Karena itu pada ayat pertama dari surat ini, Yohanes menyapa Gayus sebagai ‘yang kukasihi dalam kebenaran.’ Kebaikan hati Gayus yang penuh kasih dan kehidupannya yang dalam kebenaran itu, mendorong Yohanes untuk selalu mendoakan dia dan keluarganya. Yohanes mendoakan Gayus dan keluarganya selalu beroleh berkat Tuhan, yaitu berada dalam keadaan yang baik dan sehat.

 

 

Sobat Teruna, kita harus hidup dalam kasih dan kebenaran sebagaimana teladan Gayus serta saling mendoakan sebagaimana yang dilakukan Yohanes. Hal itu merupakan identitas kita sebagai orang beriman yang harus diwujudkan dalam perbuatan-perbuatan sederhana yang nyata. Misalnya, kita mendoakan orang-orang yang saat ini sedang bergumul untuk dapat sembuh dari akibat terpapar virus corona. Mohonkan yang terbaik bagi semua teman kita sebagai bentuk pernyataan kasih dan kehidupan dalam kebenaran. Doa adalah pemberian yang menguatkan dan menghubungkan kita dengan Tuhan dan sesama. Marilah kita bertekun dalam doa dan berjaga-jaga seperti yang diperintahkan Tuhan Yesus.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, mohon ajarkanlah aku berdoa serta hidup dalam kasih dan kebenaran.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon