TIRULAH YANG BAIK, JANGAN YANG JAHAT


3 Yohanes 1 : 11

11 Saudaraku yang kekasih, janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Barangsiapa berbuat baik, ia berasal dari Allah, tetapi barangsiapa berbuat jahat, ia tidak pernah melihat Allah.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Sobat Teruna, selain Gayus yang disebut sebagai yang dikasihi dalam kebenaran, ada juga Demetrius yang dipuji oleh Yohanes karena perbuatannya yang baik. Namun demikian, ada juga Diotrefes yang memberikan contoh buruk. Diotrefes memiliki karakter angkuh, enggan menaruh hormat dan tidak peduli kepada orang lain. Ia suka menggunakan kata-kata yang kasar. Ia bahkan mencegah jemaat untuk berbuat hal-hal baik yang akan menyaksikan kasih Kristus kepada jemaat dan sesama.



Gayus dan Demetrius menjadi contoh tentang orang-orang baik yang ada di sekitar gereja dan kehidupan sehari-hari. Mereka mempunyai sifat rendah hati, menghargai siapa pun, peduli dan suka memberi bantuan, yang sangat dikenang orang. Sebaliknya, Diotrefes adalah contoh tentang sikap hidup yang tidak bisa menjadi kesaksian bagi jemaat dan sesama. Sikapnya bertentangan dengan kehidupan sebagai anak-anak Tuhan yang hidup dari kasih-Nya untuk mengasihi-Nya maupun orang lain. Yohanes mengingatkan bahwa orang yang berbuat baik itu berasal dari Allah dan mengenal-Nya (1 Yohanes 4:8). Melalui kehidupannya, orang lain akan mengenal Allah. Sebaliknya orang yang jahat tidak melihat Allah. Dari kehidupannya yang jahat, orang lain pun tidak dapat berjumpa dan melihat Allah.



Meniru yang baik berarti melakukan apa yang dicontohkan oleh Gayus dan Demetrius. Bisa saja dalam kehidupan sehari-hari kita berjumpa dengan orang-orang yang mengenal kasih Allah dan suka berbuat baik. Mereka patut kita teladani. Sebaliknya, jangan meniru perbuatan-perbuatan atau sikap seperti yang ditunjukkan oleh orang-orang seperti Diotrefes. Tirulah dan lakukanlah yang baik. Ingatlah, orang yang suka berbuat baik mengenal Tuhan Yesus Kristus! Kemudian melaluinya, orang lain akan berjumpa dan mengenal Yesus Kristus sebagai Tuhan, sehingga mereka diselamatkan.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong aku agar meniru contoh yang baik dan benar, sehingga melalui kehadiranku, orang lain dapat mengenal kasih-Mu.