TETAPLAH KERJAKAN TANGGUNGJAWABMU DILIHAT ATAU TIDAK DILIHAT ORANG


Filipi 2 : 12 - 13

12 Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir, 13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Sobat Teruna, keselamatan yang dikaruniakan Tuhan Yesus kepada kita harus disyukuri dengan sungguh-sungguh. Sebab dari keadaan yang berdosa, kita sudah ditebus oleh Allah melalui karya Kristus yang menderita, mati dan bangkit itu. Jemaat di Filipi diingatkan oleh Rasul Paulus bahwa keselamatan itu adalah semata-mata anugerah, bukan karena perbuaan baik atau jasa manusia, sebab manusia itu berdosa adanya. Ungkapan syukur atas keselamatan itu harus dinyatakan secara sungguh-sungguh dengan melaksanakan tanggungjawab kita sebagai murid Kristus tanpa kesombongan. Tanggungjawab itu harus terus menerus dilakukan dalam kerendahan hati. Terus menerus itu berarti baik atau tidak baik waktunya, dilihat orang atau tidak, selalu dilakukan tanpa mengharapkan pujian.



Dorongan kepada jemaat di Filipi ini juga berlaku bagi kita. Kalau melakukan tanggungjawab beriman, maka jangan hanya sebuah kepura-puraan untuk mengambil hati orang lain yang suka berbuat baik kepada kita. Lakukanlah tanggungjawab kita kepada siapa saja sebagai cara mengucap syukur atas keselamatan yang sudah diterima dari Kristus.



Mari kita berdoa atau beribadah bukan karena kita memiliki pergumulan dan masalah saja, melainkan sebagai wujud sikap bertanggungjawab dalam memelihara iman percaya kepada Kristus, Sang Juruselamat. Mari lakukan tanggungjawab sebagai anak, pelajar, teruna dalam Pelkat PT GPIB dengan sungguh-sungguh dan bukan hanya di depan banyak orang atau bermaksud memamerkan kehebatan kita supaya dipuji. Ingatlah yang patut dipuji dan disembah hanya Tuhan. Kita hanya alat di tangan Tuhan dalam melaksanakan peran dan tanggungjawab di dunia ini. Jadi, jangan lakukan apa pun peran dan tanggungjawab kita dengan kesombongan, melainkan dalam kerendahan hati, sebagai wujud syukurlah karena masih memiliki kesempatan untuk melakukannya bagi kemuliaan Kristus.



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus tolong aku agar dapat melakukan peran dan tanggungjawabku dengan setia, dilihat atau pun tidak dilihat orang.