JADILAH TELADAN HIDUP BAGI ORANG LAIN


Filipi 4 : 1

1 Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih!

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Paulus menyadari bahwa dia harus bertanggungjawab dengan sukacita atas keselamatan yang sudah dianugerahkan kepadanya. Tanggungjawab dalam sukacita itulah yang telah mendorong Paulus menjadi teladan dalam banyak hal. Perkataannya, perbuatannya, kasihnya, kesetiaannya dan kesucian hidupnya diusahakan untuk mewarnai pelayanannya. Ia pun memandang hidupnya bukan sebagai sebuah beban melainkan ungkapan syukur yang diisi dengan penuh tanggungjawab. Karena itu Rasul Paulus mendorong jemaat di Filipi untuk melakukan hal yang sama dengan sukacita. Nasihatnya agar jemaat berdiri teguh di dalam Tuhan, bermakna tentang pendirian yang tidak berubah dalam mengikut Dia, Sang Juruselamat. Meskipun ada tantangan yang besar sebagai pengikut Kristus, mereka harus tetap setia untuk melakukan dengan sukacita semua tanggungjawab beriman. Pelaksanaan tanggungjawab beriman dalam kehidupan sehari-hari itu mengandung kesaksian dan pesan keselamatan dari Kristus bagi dunia.



Rasul Paulus telah berusaha menjadi teladan bagi jemaat di Filipi dan kita pada masa kini. Kita pun diajak untuk melakukan hal yang sama. Hendaknya kita tetap memiliki pendirian yang teguh dalam mengikut Kristus dan bersaksi tentang Dia, walaupun cobaan dan godaan datang dengan berbagai cara. Mari menjadi teladan dalam perkataan, perbuatan, kasih, kesetiaan dan kesucian hidup, sesulit apa pun kehidupan sehari-hari kita. Sebab dengan itu, kita sedang giat memberitakan keselamatan yang dianugerahkan oleh satu-satunya Tuhan dan Juruselamat, yaitu Kristus Yesus, supaya orang lain juga menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka. Menjadi teladan yang giat dan teguh berdiri di dalam Tuhan adalah tanggungjawab semua orang beriman tanpa mengenal batasan usia dan jabatan. Sobat Teruna pun terpilih untuk menjadi teladan bagi sahabat-sahabat muda lainnya dalam pergaulan setiap hari.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong aku agar tetap berpendirian teguh dalam mengikut Engkau dan menjadi teladan bagi kemuliaan Nama-Mu.