HIKMAT TUHAN ITU SEGALANYA

 

Amsal 3 : 12 - 20

                              

12 Karena Tuhan memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya,seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi. 13 Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian, 14 karena keuntungannya melebihi keuntungan perak ,dan hasilnya melebihi emas. 15 Ia lebih berharga dari pada permata; apa pun yang kauinginkan, tidak dapat menyamainya. 16 Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan. 17 Jalannya adalah jalan penuh bahagia, segala jalannya sejahtera semata-mata. 18 Ia menjadi pohon kehidupan bagi orang yang memegangnya, siapa yang berpegang padanya akan disebut berbahagia. 19 Dengan hikmat Tuhan telah meletakkan dasar bumi,dengan pengertian ditetapkan-Nya langit, 20 dengan pengetahuan-Nya air samudera raya berpencarandan awan menitikkan embun.

 

 

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

 

Dalam sebuah iklan biskuit ada adegan seorang anak difabel mengalami perundungan oleh temannya. Meski memiliki kemampuan bela diri untuk membalas, namun dia tidak melakukannya. Dia justru mengungkapkan kalimat yang menarik dengan bahasa isyarat yaitu, “kuat itu adanya di hati dan pikiran.” Kalimat ini menegaskan bahwa kekuatan fisik, kehebatan, juga materi yang dimiliki bukanlah segala-galanya untuk diandalkan dalam hidup, maupun saat menghadapi masalah. Hati nurani yang jernih itulah yang memampukan kita memiliki pikiran positif, atau menjadi berhikmat sehingga memperoleh sebuah kekuatan yang besar.

 

 

Sobat Teruna, perikop bacaan ini menguraikan bagaimana hikmat diperoleh, yaitu berdasarkan didikan dan peringatan Tuhan melalui firman-Nya yang menuntun kita kepada kebenaran. Tuhan juga memberi ajaran kepada orang yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah terhadap anak yang disayanginya. Firman Tuhan ini mengingatkan kita tentang pentingnya hikmat. Hikmat lebih berharga daripada perak, emas dan permata (ayat 14-15). Ketika seseorang menerima didikan Tuhan dan tidak bosan tehadap peringatan-Nya, maka hidupnya diberkati. Ia menikmati berkat dari hikmat yang merupakan akibat dari menerima didikan dan peringatan Tuhan.

 

 

Sobat Teruna, menyadari pentingnya mendengarkan didikan dan peringatan Tuhan dalam firman-Nya sebagai pedoman dan penuntun hidup adalah penting, sebab berkat Tuhan akan mengikuti kita. Hal ini akan memotivasi kita untuk secara terus-menerus menerima didikan dan peringatan Tuhan. Bahkan ada tambahan yang Tuhan berikan kepada orang-orang yang mengutamakan hikmat dari-Nya lho…, yaitu berupa umur panjang, kekayaan, kehormatan, juga masa depan yang bahagia dan sejahtera (ay. 17). Tuhan juga menegaskan supaya kita tidak hanya puas dan menikmati sendiri berkat-berkat yang diperoleh. Kita pun diutus-Nya menjadi berkat bagi sesama.

 

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Bapa Sorgawi yang Maha Pengasih, mohon tuntunlah aku, teruna-Mu, agar setia bertekun pada firman-Mu supaya dipenuhi hikmat Tuhan.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon