HIKMAT SANGAT BERHARGA


Amsal 8 : 10 - 12

10 Terimalah didikanku, lebih dari pada perak,dan pengetahuan lebih dari pada emas pilihan. 11 Karena hikmat lebih berharga dari pada permata,apa pun yang diinginkan orang, tidak dapat menyamainya. 12 Aku, hikmat, tinggal bersama-sama dengan kecerdasan,dan aku mendapat pengetahuan dan kebijaksanaan.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, apa sih sebenarnya hikmat? Menurut kamus, hikmat ialah suatu pengertian dan pemahaman yang mendalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi yang menghasilkan kemampuan untuk membuat penilaian dan mengambil tindakan yang tepat. Para teolog mengatakan “hikmat adalah kemampuan untuk memahami dan mengatasi masalah-masalah kehidupan sehari-hari.” Pandangan lainnya mengatakan hikmat adalah cara pandang atau hidup yang secara moral benar dan sesuai dengan firman Allah. Raja Salomo mengajarkan tentang hikmat dalam pengertian yang ketiga ini.


Diakui bahwa perak maupun emas merupakan logam mulia yang paling tinggi nilainya. Emas sangat digemari. Pada masa Salomo membangun Bait Suci, emas dipakai untuk melapisi rumah Tuhan itu dan seluruh mezbah (1. Raja-Raja 6:21-22). Walaupun demikian, semua itu tidak ada nilainya bila dibandingkan dengan hikmat yang Allah berikan. “..…karena hikmat lebih berharga dari pada permata…” (ayat 11). Hal ini sama sekali tidak bermaksud mau merendahkan nilai perak, emas pilihan dan permata tetapi untuk memperlihatkan bahwa hikmat jauh lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan perak, emas pilihan dan permata walaupun barang-barang itu amat berharga.


Jadi hikmat adalah suatu kemampuan yang diberikan Allah kepada manusia sebagai petunjuk praktis untuk menjalani hidup sehari-hari. Hikmat membawa kita kepada keberhasilan hidup. Dengan kata lain, hikmat adalah kunci keberhasilan yang sesuai dengan kehendak Allah atau firman-Nya. Hikmat sangat diperlukan agar hidup kita tetap berjalan dalam tuntunan-Nya. Janganlah kita sia-siakan waktu untuk hidup sesuai keinginan sendiri. Kita perlu hikmat untuk mencapai tujuan hidup yaitu menjadi serupa dengan Kristus. So… hiduplah penuh hikmat karena itu lebih berharga dari apa pun yang kita miliki.




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Allah yang adalah sumber hikmat, mohon anugerahkanlah aku hikmat-Mu, supaya seluruh kehidupan ini aku jalani berdasarkan dan dipenuhi oleh hikmat-Mu.