BUKAN ACTING DOANG


1 Timotius 4 : 8

8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, kadangkala kita dikejutkan oleh berita tentang orang terkenal baik dari dalam maupun luar negeri yang meninggal bunuh diri. Padahal sepengetahuan kita melalui media sosial mereka selalu menampakkan keberadaan dirinya sebagai orang yang sudah mapan secara materi dan bahagia. Ternyata dalam pesan terakhir yang ditulis sebelum bunuh diri, masyarakat menjadi tahu bahwa dia diliputi masalah besar yang membuatnya depresi dan memilih mengakhiri hidup secara tragis.



Jika berada dalam masalah, kepada siapa Sobat Teruna biasa ‘curhat’? Kalau langsung kepada manusia, itu tidak tepat. Saat masalah datang, yang pertama harus kita ‘hubungi’ adalah Tuhan melalui berdoa. Because, He knows everything. Ia selalu memanggil dan menanti kita datang mempelajari firman-Nya dan mempercayai janji-Nya, bukan hanya ketika ada masalah. Kita perlu banyak berlatih beribadah dengan membaca, merenungkan, memahami dan melakukan firman Tuhan untuk mengenal Dia dan menghadapi problematika tentang kehidupan ini. Di sinilah kita perlu bertekun dan bersedia dibimbing oleh sosok yang sungguh-sungguh hidup dalam fiman Tuhan itu, seperti Rasul Paulus yang membimbing Timotius. Ketersesatan mudah terjadi ketika seseorang tidak mempunyai pembimbing rohani yang takut akan Tuhan, menolak dibimbing dalam mempelajari Firman kebenaran, enggan menerima pengajaran karena ego yang berlebihan dan mengabaikan keberadaan Roh Kudus. Rasul Paulus menegaskan bahwa tak ada satu pun di dunia ini yang dapat menandingi manfaatnya beribadah.



Sobat Teruna, ingatlah bahwa godaan dunia dapat mengubah pandangan hidup, sehingga kita tersesat. Kita harus serius mengikuti ajaran firman Tuhan, karena hidup bukan soal acting doang, tetapi sungguh-sungguh menjadi murid dan saksi Kristus yang tangguh! Selamat berlatih beribadah dan memperoleh daya gunanya!




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong aku serius berlatih beribadah agar beroleh manfaat yang berdayaguna untuk mengerti kehendak-Mu dan menikmati janji-Mu di tengah-tengah menghadapi tantangan kehidupan ini.