“AYO, PERGUNAKANLAH KARUNIAMU!”


1 Timotius 4 : 14-16

14 Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua. 15 Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang. 16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, nama Yazid, Anggina Rafitri dan Aysa Aurealya Maharani, siswa sebuah SMA di Palangkaraya, Kalimantan Tengah mendadak viral tahun 2019 lalu. Meski masih muda, mereka berhasil meraih juara dunia atas temuan obat penyembuh kanker dari tanaman yang disebut bajakah. “Ke depan, kami akan terus berupaya menggali potensi alam lainnya agar Kalimantan Tengah yang kaya akan sumber daya bisa bermanfaat bagi banyak orang” kata Anggina sebagaimana diberitakan oleh Kompas.com.


Sobat Teruna, usia muda bukan menjadi alasan untuk kita tidak berkarya. Sebab Tuhan sudah memberikan karunia-Nya kepada setiap orang sejak masih dalam kandungan. Karena itu Rasul Paulus menasihati Timotius agar jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padanya. Surat Rasul Paulus kepada Jemaat Korintus menyatakan ada karunia untuk berkata-kata dengan hikmat maupun pengetahuan, juga menyembuhkan, dll. (1 Kor. 12:1-12). Bisa dibayangkan bagaimana jika karunia itu tidak digunakan? Mungkin anak-anak di pedalaman akan tetap tertinggal dari segi pendidikan, semakin banyak pasien kanker yang meninggal dunia, dsb. Itulah sebabnya Rasul Paulus memberi semangat kepada Timotius agar dia memerhatikan dan mengelola karunianya dengan tepat supaya kemajuannya nyata kepada semua orang. Namun demikian, Timotius harus mawas diri. Hal ini penting supaya dia tetap rendah hati, memiliki kontrol diri dan dapat mencegah kekeliruan yang fatal, karena semua akan dipertanggungjawaban kepada Tuhan dan orang lain.


Sobat Teruna, mari giat mempergunakan karunia dari Tuhan, baik itu berkata-kata dengan pengetahuan, bernyanyi, bermain alat musik, memasak, olahraga, dll. Ingatlah, ada banyak orang yang membutuhkan kemanfaatannya. Selain itu jangan lupa selalu mawas diri dan memohon penyertaan Roh Kudus.




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, terimakasih atas segala karunia-Mu dalam hidupku. Tolong aku giat menggunakannya dengan rendah hati dan mawas diri untuk hal-hal positif dalam penyertaan-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon