‘KUINGAT SELALU


Amsal 4 : 20-22

20 Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; 21 janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu. 22 Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Vera memutuskan akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di Surabaya. Itu berarti ia harus meninggalkan tanah kelahirannya di Sulawesi dan terpisah jarak dengan orangtua terkasihnya. Dengan berat hati orangtuanya melepas kepergiannya. Ayahnya memberi pesan agar dia selalu ingat untuk waspada kapan pun dan di mana pun. Saat mengendarai motor, ia ingat perkataan ayahnya. Saat matanya melihat sesuatu dan menginginkannya, ia ingat pesannya ayahnya. Ketika tinggal secara mandiri di asrama putri, ia pun ingat ucapan ayahnya tersebut. Satu kata itu dapat mendorongnya untuk rajin beribadah agar tidak jatuh dalam pencobaan. Satu kata saja dan itu sungguh mengubah cara hidupnya menjadi lebih beriman, menjaga kesehatan, maju dalam banyak hal dan berhasil meraih cita-citanya.



Sobat Teruna, satu kata saja jika diperhatikan dan didengarkan sungguh-sungguh serta disimpan dalam hati, ternyata luar biasa hasilnya. Bayangkanlah bagaimana hasilnya jika perkataan firman Tuhan yang begitu banyak dalam Alkitab itu, juga kita pelajari, imani dan praktekkan setiap hari. Kita mempunyai filter atas segala godaan yang masuk dari mata dan kemudian ke hati. Mata menjadi jendela untuk kita mengenal dunia dan segala hal menarik di dalamnya. Hati menjadi tempat untuk membedakan mana yang baik dan buruk. Keputusan terbaik penuh hikmat dapat terjadi ketika segala sesuatu dipertimbangkan dengan dasar firman Tuhan.



Mari Sobat Teruna, kita membangun tekad untuk selalu memerhatikan nasihat firman Tuhan. Jangan acuh tak acuh terhadap ucapan pengajaran orangtua maupun guru, tapi katakan dalam hati “Akan kuingat selalu”. Sebab semua itu akan berpengaruh kepada cara hidup dan kesehatan jasmani maupun rohani bahkan kebahagiaan kita.




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, mohon berilah aku kemampuan untuk mengingat firman-Mu dan nasihat orangtua maupun pengajaran guru, serta mempraktekkannya dalam seluruh jalan hidupku.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon