KEGEMBIRAAN VS KESEDIHAN


Amsal 17 : 21-26

21 Siapa mendapat anak yang bebal, mendapat duka, dan ayah orang bodoh tidak akan bersukacita. 22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. 23 Orang fasik menerima hadiah suapan dari pundi-pundi untuk membelokkan jalan hukum. 24 Pandangan orang berpengertian tertuju pada hikmat, tetapi mata orang bebal melayang sampai ke ujung bumi. 25 Anak yang bebal menyakiti hati ayahnya, dan memedihkan hati ibunya. 26 Mengenakan denda orang benar adalah salah, memukul orang mulia pun tidak patut.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, firman Tuhan pada hari ini menyampaikan, bahwa rasa gembira dalam diri kita merupakan obat yang manjur, sedangkan semangat yang patah mengeringkan tulang atau menimbulkan kesedihan. Kegembiraan yang dimaksudkan di sini bukan hanya karena pikiran yang sehat, tetapi terkait dengan moral hidup yang tinggi. Sedangkan semangat yang patah dalam diri seseorang terkait dengan rendahnya nilai moral dalam diri.



Dalam bacaan kita diperlihatkan juga bahwa kegembiraan dan menurunnya semangat terkait dengan sikap seseorang yang lebih memilih untuk menjadi bebal. Kemauannya untuk memilih menjadi bebal ternyata berdampak pada kesedihan ayah dan ibunya. Hal ini bukan berarti jika seorang anak harus melakukan kebaikan hanya supaya tidak membuat orangtuanya malu. Seorang anak harus melakukan kebaikan karena hikmat Tuhan yang ada pada dirinya dipergunakan untuk menuntun hidupnya. Maksudnya, agar segala sesuatu yang dilakukannya menjadi sebuah kebaikan. Kebaikan tersebut bukan hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga bagi ayah dan ibunya serta orang-orang di sekitarnya.



Penulis Amsal mengajak setiap generasi muda untuk mau menggunakan pengertian atau hikmat yang ada padanya, ketika melakukan berbagai macam hal dalam hidupnya. Tujuannya supaya kehidupan generasi muda itu bermanfaat, karena menghadirkan kegembiraan bagi orang lain. Hikmat Tuhan biarlah mendorong Sobat Teruna untuk selalu berbuat baik, sehingga menghadirkan sukacita yang menambah daya imunitas bagi tubuh. Kalau Sobat Teruna bisa share dan posting video-video atau gambar-gambar yang lucu di media sosial agar orang terhibur, maka lakukanlah itu dengan hati-hati. Jadilah anak muda yang hebat dengan berbagi kegembiraan yang menyehatkan tubuh, jiwa dan roh dalam kehidupan sehari-hari, karena ketaatan kepada perintah Tuhan.




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, tolong mampukanlah aku untuk bisa menghadirkan kegembiraan yang sesuai firman kebenaran-Mu kepada orang lain, agar hikmat yang Engkau berikan tidak menjadi sia-sia.