KALAU TUHAN SUDAH BERKENAN


Mazmur 107 : 33 - 38

33 Dibuat-Nya sungai-sungai menjadi padang gurun, dan pancaran-pancaran air menjadi tanah gersang, 34 tanah yang subur menjadi padang asin, oleh sebab kejahatan orang-orang yang diam di dalamnya. 35 Dibuat-Nya padang gurun menjadi kolam air, dan tanah kering menjadi pancaran-pancaran air. 36 Ditempatkan-Nya di sana orang-orang lapar, dan mereka mendirikan kota tempat kediaman; 37 mereka menabur di ladang-ladang dan membuat kebun-kebun anggur, yang mengeluarkan buah-buahan sebagai hasil. 38 Diberkati-Nya mereka sehingga mereka bertambah banyak dengan sangat, dan hewan-hewan mereka tidak dibuat-Nya berkurang.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Bagaimana perasaan Sobat teruna saat melihat teman atau tetangga sedang mengalami banyak perubahan? Mereka bertambah kaya dan memiliki fasilitas yang paling keren di masa kini. Padahal mungkin sepengetahuan kita, dulu mereka begitu miskin. Dalam keadaan demikian, apa yang paling baik untuk kita lakukan? Menggunjingkannya atau bersyukur? Tentu sikap yang baik adalah turut bersyukur atas kemajuan mereka sambil menantikan perubahan yang semakin maju juga terjadi dalam kehidupan kita kelak sesuai waktu perkenanan Tuhan.


Sobat Teruna, ketahuilah bahwa Tuhan mampu memulihkan kegersangan tanah dan mengubah padang gurun, tanah yang kering itu menjadi pancaran-pancaran air (ay. 35). Karena itu Tuhan juga sangat mungkin mengubahkan atau pun memulihkan keadaan kita. Itu akan terjadi ketika Tuhan sudah berkenan dan sesuai dengan waktu-Nya. Dari kalimat " Dibuatnya padang gurun menjadi kolam air dan tanah kering menjadi pancaran-pancaran air..." (ayat 35) mengingatkan bahwa perubahan terjadi bukan karena kemampuan manusia melainkan dari Tuhan. Jadi bukan karena siapa dan apa yang telah membuat umat Israel layak untuk ditebus atau diselamatkan sehingga mengalami perubahan keadaan yang semakin baik. Semua terjadi semata-mata karena perkenanan Tuhan atas dasar kasih setia-Nya kepada umat perjanjian-Nya.


Karena itu Sobat Teruna, jangan iri dan dengki terhadap siapa pun yang telah mengalami perubahan maju dalam hidupnya. Seperti penggalan lirik lagu yang berjudul “Pelangi Kasih” yang menyatakan " Saatnya ‘kan tiba nanti, kau lihat pelangi kasih-Nya" maka akan tiba saat perkenanan Tuhan bagi kita. Yang penting sekarang, lakukanlah tanggung jawab sebagai murid Tuhan Yesus dengan penuh kasih dan setia, maka percayalah, kita juga akan melihat pelangi kasih-Nya.




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus mohon bimbinglah aku dengan kuasa Roh Kudus agar terus termotivasi dalam mencapai kesuksesan dengan bersandar hanya kepada kasih setia-Mu dan sabar menanti waktu perkenanan-Mu.