MEMERHATIKAN DAN MELAKUKAN DIDIKAN


Amsal 23 : 12

12 Arahkanlah perhatianmu kepada didikan, dan telingamu kepada kata-kata pengetahuan.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Tahukah Sobat Teruna apa itu amsal? Amsal adalah nasihat yang ditulis dengan sederhana dan pendek agar mudah diingat. Tujuannya, mengajak kita mengetahui dan menerima didikan yang benar yang menjadikan pandai, serta melakukan kebenaran dengan taat kepada TUHAN. Karena sikap menghormati dan menaati TUHAN merupakan awal atau “kunci” yang membuka jalan berkat seseorang dalam kehidupannya.


Orang yang menolak memerhatikan didikan dan tidak mau mendengarkan pengetahuan yang benar yang diberikan berdasarkan firman Tuhan; akan menjadi bodoh (bebal), tidak taat (pemberontak), sesat cara berpikirnya, juga fasik (jahat) perilakunya ketika mereka tumbuh menjadi dewasa kelak. Karena itu penting bagi seseorang untuk mau belajar dengan sungguh-sungguh, serta rendah hati menerima pengajaran yang diberikan kepadanya, khususnya tentang firman Tuhan. Menolak belajar tentang firman Tuhan dan didikan serta pengetahuan dari orang bijak yang saleh, maka sama dengan tidak memiliki hari depan yang penuh harapan.


Hari depan yang penuh harapan dimulai ketika seseorang mau menggunakan indra penglihatan dan pendengarannya untuk menerima informasi-informasi tentang kebenaran, keadilan dan kejujuran. Jika hal-hal tersebut diperhatikan dan didengarkan lalu disimpan dalam hati, maka seseorang sudah memiliki ‘alat’ untuk menyaring ajaran-ajaran yang tidak sesuai dengan yang telah diterima berdasarkan firman Tuhan. Ia akan menolak ajakan yang salah dan menujukan hatinya ke jalan yang benar.


Sobat Teruna, kita tidak boleh menyerah untuk taat melakukan nasihat-nasihat yang benar, terlebih perintah Tuhan. Karena semua itu adalah didikan yang membuat kita menjadi pandai dan berhasil meraih cita-cita. Kita pun dapat menikmati hidup dengan selamat dan bahagia. Kehadiran kita pun bisa bermanfaat baik bagi orang lain dan lingkungan sekitar.



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong aku menjadi teruna yang mau memerhatikan dan melakukan didikan yang benar.