JANGAN IRI KEPADA ORANG JAHAT


Amsal 23 : 17-18

17 Janganlah hatimu iri kepada orang-orang yang berdosa, tetapi takutlah akan Tuhan senantiasa. 18 Karena masa depan sungguh ada,dan harapanmu tidak akan hilang.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, iri hati adalah suatu dosa yang tersembunyi dalam hati atau pikiran, karena tidak senang melihat kelebihan dan keberuntungan orang lain yang baik ataupun jahat. Roh iri hati dapat masuk ke dalam diri seseorang ketika dia lalai tidak membaca dan merenungan firman Tuhan dalam bimbingan Roh Kudus. Awalnya dari melihat dan mendengar tentang kebahagiaan orang lain. Lalu berlanjut kepada membandingkan keadaan diri sendiri dengan orang lain yang menurutnya lebih darinya.


Kalau seseorang terkena virus IHA (iri hati) akibatnya bisa macam-macam. Dia akan menjadi gelisah memikirkan orang lain yang memiliki kelebihan dari dirinya, baik itu kepintaran, kekayaan, ketenaran dan lain-lain. Bahkan dia menjadi geram karena merasa tidak seberuntung orang lain yang kelihatannya hidup bahagia karena lolos dari jerat hukum meskipun melakukan kejahatan. Sedangkan dirinya menurutnya mengalami hal yang sebaliknya, seperti memiliki masa depan yang suram. Lalu dia melampiaskan kekecewaannya dengan berbagai cara yang dapat membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain. Padahal orang lain itu juga mempunyai masalah dalam kehidupannya. Apalagi orang yang melakukan kejahatan, mereka akan mempertanggung-jawabkan perbuatan jahatnya dalam pengadilan Allah kelak.


Jadi…, buat apa iri hati ya Sobat Teruna? Lebih baik merenungkan betapa banyaknya berkat Tuhan atas hidup kita. Bersyukur dalam segala hal seperti kata rasul Paulus dapat menjadi cara ampuh dalam menghindari sifat iri hati. Agar lebih kokoh pertahanan kita dari serangan virus IHA, maka makan makanan rohani itu wajib hukumnya. Mari memohon agar Roh Kudus melindungi dari roh iri hati yang mau melumpuhkan iman dan pengharapan kita, “karena masa depan orang percaya sungguh ada”, kata firman Tuhan.



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong aku untuk tidak iri hati tetapi selalu bersyukur dan menaikkan harapan masa depanku dalam doa yang terus-menerus kupanjatkan kepada-Mu.