KEMAUAN YANG KUAT MENGAWALI SEGALA SESUATU


 

Kisah Para Rasul 19: 21-22

21 Kemudian dari pada semuanya itu Paulus bermaksud pergi ke Yerusalem melalui Makedonia dan Akhaya. Katanya: ”Sesudah berkunjung ke situ aku harus melihat Roma juga.” 22 Lalu ia menyuruh dua orang pembantunya, yaitu Timotius dan Erastus, mendahuluinya ke Makedonia, tetapi ia sendiri tinggal beberapa lama lagi di Asia.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 

Apa yang terbayang dalam pikiran Sobat Teruna ketika melihat gambar di samping ini? Tentunya ada beragam tanggapan yang dilontarkan; mulai dari kata lucu, kocak, aneh bahkan ada juga yang mengatakan nyebelin, nggak bermutu, konyol, mukanya jelek dan dungu. Yup, setiap orang bebas berargumen. Tokoh komedian Inggris, Rowan Atkinson, lebih dikenal sebagai Mr. Bean yang selalu membawa Teddy, boneka beruangnya ke mana pun dia pergi dengan mengendari mobil Mini Cooper. Masa kecilnya penuh kepahitan karena menjadi korban bullying teman-temannya. Namun demikian, pengalaman pahit itu ia manfaatkan menjadi sumber inspirasinya dalam menciptakan karakter Mr. Bean. Hingga pada akhirnya setelah ia meraih gelar S2 dari Universitas Oxford, impiannya terwujud dengan adanya tayangan serial televisi berjudul Mr. Bean dan dia menjadi pemeran utamanya[1].



Sobat Teruna, perjalanan hidup Rasul Paulus tidak semudah yang terbayang. Tantangan dan ancaman terus mewarnai derap langkah pelayanan yang dilakukannya. Namun demikian, kemauan yang kuat untuk terus memberitakan Injil menjadi pemicu utamanya dalam mewujudkan kerinduannya untuk mengunjungi jemaat-jemaat yang ada di Yerusalem, Makedonia, Akhaya dan Roma.


Mari belajar dari perjalanan hidup tokoh dunia dan Alkitab di atas. Mereka mengawali segala sesuatu dengan kemauan yang kuat. Kita pun tidak dapat hanya bermimpi dan berharap, tetapi harus mempunyai kemauan yang kuat untuk mewujudkannya. Tanpa adanya kemauan, semuannya tinggal impian dan harapan kosong belaka. Bagaimana caranya? Hal utama yang harus kita lakukan adalah memiliki motivasi positif, bermimpi, membangun kemauan yang kuat dan menyampaikan semuanya kepada Tuhan dalam doa. Kita pun harus memiliki jiwa pejuang yang pantang menyerah di sepanjang perjalanan mencapai impian.


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolonglah aku agar memiliki kemauan yang kuat untuk mewujudkan impian dan harapan yang ada, sehingga semua rasa malas, ogah-ogahan, dan bosanan tidak menguasai pikiran.

[1]https://www.liputan6.com/showbiz/read/3594871/6-fakta-menarik-tentang-masa-lalu-rowan-atkinson-si-mr-bean-yang-dikenal-tertutup