IMAN: MELAKUKAN TINDAKAN NYATA


Ibrani 13 : 1-16

1 Peliharalah kasih persaudaraan! 2 Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat. 3 Ingatlah akan orang-orang hukuman, karena kamu sendiri juga adalah orang-orang hukuman. Dan ingatlah akan orang-orang yang diperlakukan sewenang-wenang, karena kamu sendiri juga masih hidup di dunia ini. 4 Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah. 5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: ”Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.” 6 Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: ”Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?” 7 Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka. 8 Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya. 9 Janganlah kamu disesatkan oleh berbagai-bagai ajaran asing. Sebab yang baik ialah, bahwa hati kamu diperkuat dengan kasih karunia dan bukan dengan pelbagai makanan yang tidak memberi faedah kepada mereka yang menuruti aturan-aturan makanan macam itu. 10 Kita mempunyai suatu mezbah dan orang-orang yang melayani kemah tidak boleh makan dari apa yang di dalamnya. 11 Karena tubuh binatang-binatang yang darahnya dibawa masuk ke tempat kudus oleh Imam Besar sebagai korban penghapus dosa, dibakar di luar perkemahan. 12 Itu jugalah sebabnya Yesus telah menderita di luar pintu gerbang untuk menguduskan umat-Nya dengan darah-Nya sendiri. 13 Karena itu marilah kita pergi kepada-Nya di luar perkemahan dan menanggung kehinaan-Nya. 14 Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang. 15 Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya. 16 Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Yakobus 2:17b menyatakan bahwa; “Jika iman itu tidak disertai ………………… maka iman itu pada hakekatnya adalah …………” (lengkapilah kalimat tersebut). Makna yang terkandung adalah hendaknya kita melakukan perbuatan-perbuatan baik. Inilah yang menandakan bahwa kita memiliki iman yang hidup karena dinyatakan melalui setiap perbuatan nyata. Karena itu, jangan berpangku tangan dan masa bodoh dengan kondisi di sekitar kita. Banyak orang melakukan “pembiaran” terhadap kondisi di sekelilingnya yang berantakan, salah, memprihatinkan, dll. Biasanya dikarenakan kondisi mereka yang sudah nyaman sehingga tidak mau berbuat sesuatu untuk menolong yang lain. Imannya menjadi eksklusif untuk dirinya sendiri dan tidak dinyatakan sesuai firman Tuhan.



Sobat Teruna, kitab Ibrani mengingatkan siapa kita sebenarnya. Jangan berdiam diri dengan penderitaan sesama. Perbuatlah bagi sesama sebagaimana Kristus telah berkorban dan berbuat bagi kita. Muliakan Tuhan melalui perkataan dan tindakan sehari-hari dengan berbuat baik dan memberi bantuan. Selaku Teruna, marilah kita meneladani Tuhan Yesus Kristus. Banyak hal yang bisa dilakukan bagi sesama sebagai bentuk kepedulian dan mewujudkan iman kita yang hidup. Dalam persekutuan, kita bisa merencanakan kegiatan yang berdampak bagi sesama. Apa yang bisa kita lakukan? Ayo berikan contohnya:

  1. …………………………

  2. …………………………

  3. …………………………

  4. …………………….......

  5. ....................................


Lima tindakan sederhana di atas sudah menyatakan bahwa iman kita tidak mati. Iman kita hidup, karena melakukan dan berbuat bagi sesama yang membutuhkan. Iman yang bertumbuh dan berbuah adalah yang melakukan tindakan nyata. Itulah yang berkenan kepada Allah. “Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah” (ay.16).


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Bapa, mohon pakailah aku untuk menolong sesama sesuai kemampuanku.