TUHAN MEMBERKATI SETIAP KERJA DAN USAHA


Hagai 2 : 1b-10

1b Pada tahun yang kedua zaman raja Darius, 2 dalam bulan yang ketujuh, pada tanggal dua puluh satu bulan itu, datanglah firman Tuhan dengan perantaraan nabi Hagai, bunyinya: 3 ”Katakanlah kepada Zerubabel bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan kepada Yosua bin Yozadak, imam besar, dan kepada selebihnya dari bangsa itu, demikian: 4 Masih adakah di antara kamu yang telah melihat Rumah ini dalam kemegahannya semula? Dan bagaimanakah kamu lihat keadaannya sekarang? Bukankah keadaannya di matamu seperti tidak ada artinya? 5 Tetapi sekarang, kuatkanlah hatimu, hai Zerubabel, demikianlah firman Tuhan; kuatkanlah hatimu, hai Yosua bin Yozadak, imam besar; kuatkanlah hatimu, hai segala rakyat negeri, demikianlah firman Tuhan; bekerjalah, sebab Aku ini menyertai kamu, demikianlah firman Tuhan semesta alam, 6 sesuai dengan janji yang telah Kuikat dengan kamu pada waktu kamu keluar dari Mesir. Dan Roh-Ku tetap tinggal di tengah-tengahmu. Janganlah takut! 7 Sebab beginilah firman Tuhan semesta alam: Sedikit waktu lagi maka Aku akan menggoncangkan langit dan bumi, laut dan darat; 8 Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman Tuhan semesta alam. 9 Kepunyaan-Kulah perak dan kepunyaan-Kulah emas, demikianlah firman Tuhansemesta alam. 10 Adapun Rumah ini, kemegahannya yang kemudian akan melebihi kemegahannya yang semula, firman Tuhan semesta alam, dan di tempat ini Aku akan memberi damai sejahtera, demikianlah firman Tuhan semesta alam.”

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


“You may never know what result come of your actions, but if you do nothing, there will be no results”, demikian perkataan dari Mahatma Gandhi. Ia adalah seorang tokoh besar agama Hindu India. Apa yang dikatakan Gandhi memang benar bahwa tanpa bekerja dan melakukan sesuatu kita tidak akan melihat hasil apa pun.



Pekerjaan pembangunan Bait Tuhan di Yerusalem yang dihancurkan Kerajaan Babel akhirnya dimulai kembali. Namun karena keterbatasan dana dan material, ada kekuatiran dari umat Israel bahwa Bait Tuhan yang dibangun tidak akan semegah pada masa raja Salomo. Kekuatiran itu akhirnya membuat umat Israel kehilangan semangat untuk membangun Bait Tuhan. Di tengah kelemahan semangat itulah, firman Tuhan menyapa umat Israel melalui nabi Hagai. Nabi Hagai menguatkan umat Israel agar tetap semangat mengerjakan pembangunan Bait Tuhan. Tuhan akan menyertai setiap pekerjaan yang mereka lakukan. Bahkan Dia akan menolong umat Israel dalam memenuhi keterbatasan dana dan material tersebut sehingga kemegahan Bait Tuhan itu nanti akan melebihi yang semula (ay. 8-10).



Sobat Teruna, hidup yang kita jalani harus diisi dengan kerja dan usaha. Tidak ada keberhasilan yang bisa diraih tanpa kerja dan usaha. Namun demikian, dalam bekerja dan berusaha untuk meraih keberhasilan, kadangkala kita akan menemui banyak masalah dan tantangan. Hari ini Tuhan berpesan jangan menjadi lemah atau putus asa ketika kita menemui masalah dan tantangan dalam setiap kerja dan usaha yang dilakukan. Teruslah berkerja dan berusaha, seraya senantiasa melibatkan Tuhan. Percayalah, Tuhan akan memberkati kerja dan usaha kita. Tuhan akan mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang kita hadapi dalam meraih keberhasilan.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya, Tuhan mohon berikanlah aku kekuatan, agar tidak putus asa dalam menghadapi kesulitan dan tantangan.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon