ALLAH MENGUTUSKU!


Yesaya 42 : 1-4

1 Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang,orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. 2 Ia tidak akan berteriak atau menyaringkan suara atau memperdengarkan suaranya di jalan. 3 Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum. 4 Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan pengajarannya.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Adalah biasa kalau kita kagum dengan orang yang berpenampilan keren, fashionable, wangi, ganteng, cantik dan kekinian. Mereka tanpa kesulitan sudah mendapatkan tempat di hati banyak orang. Bahkan kita mengidolakan mereka dengan berlebihan. Bagaimana dengan mereka yang sebaliknya? Kita sering curiga melihat melihat mereka yang berpenampilan awut-awutan. Sobat Teruna, Allah tidak memandang rupa. Allah memandang hati. Manusialah yang memandang rupa. Allah tidak peduli bagaimana penampilanmu. Allah akan memilih siapa saja entah itu baik atau tidak rupanya untuk menjadi hamba-Nya. Orang yang dipilih-Nya akan diurapi-Nya dengan Roh Kudus.



Bacaan kita hari ini sebagian diambil dari Injil Matius 12:18-21. Disitu disebutkan bahwa hamba yang dibicarakan oleh nabi Yesaya adalah Sang Juruselamat, Yesus Kristus. Allah berkenan kepada Sang Hamba dan mengurapi-Nya dengan Roh-Nya supaya Ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa dan melaksanakan tugas penebusan-Nya.



Sobat Teruna, walaupun kita muda, kita juga dipilih Allah untuk menjadi hamba-Nya. Kita diurapi oleh Roh Kudus untuk menjadi saksi-Nya dan menyatakan kehendak-Nya. Kita juga diutus untuk menyatakan hukum dan melaksanakan tugas panggilan-Nya. Bagaimana caranya? Jadilah teladan bagi teman-temanmu. Kalau yang lain menyontek, kita sebagai orang yang sudah ditebus dan diurapi tentu tidak mau melakukan itu. Begitu juga kalau kita diajak membolos, merokok, menonton film porno dan lain-lain. Kita menolaknya karena kita adalah orang yang telah dipilih-Nya, ditebus dan diurapi-Nya, seharusnya melakukan hal yang sama seperti Yesus Kristus. Kita memiliki tanggung jawab membawa nama Kristus. Oleh karena itu, mari kita lakukan tugas ini dengan baik dan penuh sukacita.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Mampukan aku ya Allah untuk mengemban tugas pengutusan-Mu.