KEKUATAN JANJI ALLAH


2 Korintus 4: 16-18

16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. 17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. 18 Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Pantun ini menggambarkan hidup sebagai perjuangan dan tidak mudah. Inilah yang dialami oleh Paulus. Namun demikian, Paulus melihat hidupnya dari sisi yang positif. Walaupun tubuhnya menjadi lemah karena penderitaan yang dia alami dalam memberitakan injil, akan tetapi kehidupan rohaninya diperbarui dan diperkuat terus menerus oleh kuasa Roh Kudus. Allah tidak pernah meninggalkannya walaupun orang lain menganggap dia telah ditinggalkan Allah. Pada sisi yang lain, Paulus mempunyai keyakinan/ pengharapan tentang hidup bersama dengan Allah di kemudian hari, sebagaimana janji-Nya. Suatu kehidupan yang tidak lagi mengalami kesusahan seperti yang terjadi di dunia sekarang ini. Janji Allah menjadi pengharapan Paulus dan kita juga.



Sobat Teruna, bagaimana janji penyertaan Allah kepada kita dalam menjalani kehidupan ini? Masakan kita hanya mengalami kesusahan saja? Apa jaminannya bahwa pengharapan kita tidak sia-sia? Jaminannya adalah kita menerima Roh Kudus. Roh Kudus beserta dengan Paulus maupun kita di dunia ini. Roh Kudus sungguh nyata beserta dengan kita dalam kehidupan sekarang, bukan nanti. Roh Kudus senantiasa menolong kita agar tetap bertahan dalam keadaan apa pun. Dunia tidak mengenal akan Roh Kudus tersebut, tetapi kita dapat merasakan dan melihat-Nya bahwa Ia ada serta berpihak kepada orang yang setia kepada-Nya. Di kemudian hari nanti, ketika sudah menyelesaikan pekerjaan di tengah dunia ini, Roh Kudus menjadi saksi akan apa yang telah kita kerjakan. Lalu kita akan menerima kepenuhan janji secara sempurna, yaitu kehidupan yang kekal bersama dengan Allah Tritunggal untuk selama-lamanya. Karena itu Sobat Teruna, mari andalkan Roh Kudus.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Roh Kudus, aku bersyukur atas penyertaan-Mu dalam hidupku dan memohon pertolongan-Mu agar tetap mempunyai iman, pengharapan dan kasih kepada-Mu.