CIPTAAN BARU YANG MELAYANI-NYA


2 Korintus 5 : 16-20

16 Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang juga pun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian. 17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 18 Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami. 19 Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. 20 Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, Paulus menjelaskan mengapa ia tidak tawar hati dalam pelayanan di Korintus walaupun umat menyakiti hatinya. Pertama, Paulus yakin bahwa suatu saat ia dan semua orang akan berhadapan dengan Tuhan Yesus untuk mempertanggung-jawabkan kehidupan masing-masing selama di dunia ini. Hal ini seharusnya memotivasi setiap orang untuk selalu bekerja menjadi saksi Kristus dan bercerita tentang cinta kasih-Nya kepada manusia supaya semua orang mendapat keselamatan dari Allah Bapa. Kedua adalah kasih Kristus yang mendorong ia untuk terus menerus melayani sesama manusia, termasuk jemaat Korintus – karena Tuhan Yesus terlebih dahulu mengasihi akan dirinya. Tuhan Yesus mengasihi semua umat manusia dengan jalan mati di kayu salib demi menebus jiwa mereka dari dosa. Siapa yang percaya menjadi dibenarkan oleh Allah Bapa karena kasih-Nya kepada Anak-Nya. Allah Bapa berkehendak agar semua umat manusia menerima keselamatan dari Anak-Nya, Yesus Kristus Sang Juru Selamat dunia, agar mereka juga diperdamaikan dengan-Nya dan tidak ada yang terhilang. Semua orang menjadi manusia ciptaan baru di dalam Yesus Kristus. Orang yang menjadi ciptaan baru dalam Kristus Yesus akan digerakkan melaksanakan pelayanan pendamaian.


Sobat Teruna, inilah tugas yang Allah percayakan juga kepada kita. Kita dipilih untuk menjadi utusan-Nya. Dengan keteguhan hati, kita harus yakin bahwa orang yang telah diselamatkan hidupnya oleh Tuhan Yesus, seharusnya hidup untuk dan hanya melayani Dia terus menerus sampai menyelesaikan pertandingan iman di dunia ini. Kita tidak boleh tinggi hati karena pelayanan yang dilakukan itu. Sebab pelayanan yang kita lakukan adalah pekerjaan Allah. Jangan pernah bosan untuk bercerita tentang kasih Tuhan Yesus karena kita sudah mengecap dan menikmati kasih-Nya.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, aku bersyukur atas karya pendamaian-Mu dan memohon kekuatan Roh Kudus dalam melaksanakan pelayanan pendamaian yang Engkau percayakan.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon