top of page

40 tahun VS 11



 

Ibrani 3 : 7 - 11


7 Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus:”Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, 8 janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun, 9 di mana nenek moyangmu mencobai Aku dengan jalan menguji Aku, sekalipun mereka melihat perbuatan-perbuatan-Ku, empat puluh tahun lamanya. 10 Itulah sebabnya Aku murka kepada angkatan itu, dan berkata: Selalu mereka sesat hati, dan mereka tidak mengenal jalan-Ku, 11 sehingga Aku bersumpah dalam murka-Ku: Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku.”



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 


Sepuluh tulah , Laut Merah terbelah , tiang awan dan tiang apl manna , air yang manis di Mara , dan masih banyak mujizat yang Allah Israel lakukan untuk membebaskan mereka dari perbudakan Mesir menuju ke Tanah Perjanjian Kanaan . Namun karena kekerasan hati , perjalanan yang seharusnya dapat ditempuh dalam waktu 11 hari , menjadi 40 tahun berputar - putar di gurun .


Allah ingin memurnikan iman bangsa Israel dari kebiasan beratus ratus tahun yang mereka alami di Mesir . Gaya hidup mereka bukan gaya hidup anak - anak Tuhan . Ketika mereka akan menjadi bangsa yang mandiri , Tuhan menempa mereka untuk hidup sesuai dengan standar - Nya . Mengapa ? Dalam kitab Kejadian 12 : 2-3 disebutkan bahwa Tuhan berjanji akan memberkati segala bangsa .


Setelah Yesus datang menebus dosa dunia , para pengikut - Nya memberitakan Injil dengan semangat . Dalam kitab Ibrani yang Sobat Teruna baca hari ini , penulisnya berharap agar orang - orang Israel yang beriman kepada Yesus tetap setia dan tidak mengulang perbuatan dosa nenek moyang mereka terdahulu , terlepas dari cobaan sampai penyiksaan yang mendera mereka karena imannya .


Belakangan ini , banyak orang menganggap bahwa bumi sedang " dihukum " dengan berbagai hal : pandemi , perang antara Rusia dan Ukraina , ekonomi yang terpuruk ( inflasi ) , dsb . Ada yang bersikap apatis bahkan kehilangan harapan untuk masa depan . Tidak demikian halnya dengan Sobat Teruna dan semua orang percaya , kita menantikan masa depan yang pasti ( Wahyu 21 : 1,4 ) . Karena Tuhan selalu memberikan yang terbaik untuk mereka yang setia kepada - Nya ( Pengkhotbah 3:11 ) . Jadi entah itu lama atau sebentar , pencobaan di dunia ini tidak akan sebanding dengan hidup kekal yang akan kita peroleh ( Roma 8:18 ) . GAM/Is




 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Doa: Tuhan Allah , entah itu singkat atau lama , pergumulan yang aku hadapi ini ( sebutkan pergumulan Sobat Teruna ) , tidak akan mematahkan imanku . Sebaliknya aku mau ikut Dikau , berserah dan penuh iman bahwa bersama - Mu aku dapat melalui ini dan keluar sebagai pemenang . Amin .

Comments


bottom of page