top of page

ADA ALLAH, JANGAN GALAU!



 

Habakuk 3:17-19

17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, 18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. 19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Tanah Kanaan adalah tanah yang berlimpah susu dan madunya, yang berarti tanah itu sangat subur. Gambaran tanaman yang gagal panen dan hewan ternak yang hilang, terbalik dengan kondisi tanah Kanaan. Ayat 17 ialah gambaran penderitaan bangsa Yehuda. Penderitaan mereka bukan karena tanah yang tidak subur, tetapi karena bangsa Babel yang sedang memeras mereka. Pemerasan ini mengakibatkan tumbuhan berbuah, tetapi seperti tidak berbuah karena hasilnya dirampas oleh Babel. Hewan ternak yang merupakan harta mereka pun dirampas oleh Babel.


Bangsa Yehuda benar-benar hancur dan menderita, meskipun demikian Habakuk berdoa bahwa dirinya akan bersukacita dalam Tuhan. Alasan Habakuk bersukacita adalah karena Allah yang akan menyelamatkan dia. Allah yang akan memberi kekuatan bagi dia dalam melewati penderitaan ini. Digambarkan bahwa kaki Habakuk akan seperti rusa yang berada di bukit, yang melompat lincah dan melangkah pasti di bukit tersebut.


Sobat Teruna, galau adalah kata yang biasa dipakai saat menghadapi sebuah persoalan atau kesulitan hidup. Kita bisa menjadi galau karena yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Saat ini kita diingatkan oleh Nabi Habakuk bahwa apa pun yang terjadi dalam kehidupan kita, Allah akan menyelamatkan kita. Allah akan memberi kekuatan kepada kita sehingga kita bisa menghadapi kesulitan dan persoalan kehidupan kita.



 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya Allah Tritunggal, Engkaulah kekuatan dan keselamatanku dalam menjalani kehidupan ini.

Comments


bottom of page