top of page

ADIK BERHASIL, KAKAK BAHAGIA



 

Kejadian 45 : 21-23

21 Demikianlah dilakukan oleh anak-anak Israel itu. Yusuf memberikan kereta kepada mereka menurut perintah Firaun; juga diberikan kepada mereka bekal di jalan. 22 Kepada mereka masing-masing diberikannya sepotong pesalin dan kepada Benyamin diberikannya tiga ratus uang perak dan lima potong pesalin. 23 Di samping itu kepada ayahnya dikirimkannya sepuluh ekor keledai jantan, dimuati dengan apa yang paling baik di Mesir, lagipula sepuluh ekor keledai betina, dimuati dengan gandum dan roti dan makanan untuk ayahnya dalam perjalanan.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, Yusuf berjasa membuat Mesir menjadi bangsa yang jaya dan makmur. Tuhan memakai Yusuf menjadi alat-Nya yang luar biasa di Mesir. Semua itu tentu menyenangkan hati Firaun. Firaun menghargai hasil kerja Yusuf dengan cara mengangkatnya menjadi penguasa atas Mesir dan ikut memberikan perhatian kepada sanak saudaranya yang datang ke sana. Firaun meminta Yusuf agar menyuruh saudara-saudaranya pergi menjemput ayah mereka di tanah Kanaan (ayat 18,19). Firaun berharap, Yakub nantinya mau pindah ke Mesir, sebab di sana ada persediaan bahan pangan yang melimpah. Hal ini mengingat saat itu masih terjadi bahaya kelaparan di mana-mana karena musim kering yang berkepanjangan.


Dalam bacaan Alkitab hari ini, kita mengetahui bahwa sebelum saudara-saudara Yusuf kembali ke Kanaan, mereka diberi bekal dan berbagai kebutuhan dengan kualitas paling baik. Sesuai perintah Firaun, Yusuf juga memberikan kereta untuk mereka gunakan dalam perjalanan (ay. 23). Berbagai kemudahan dan fasilitas mewah itu, tentu tidak akan diperoleh jika mereka tidak mengenal Firaun. Saudara-saudara Yusuf bahkan seluruh keluarga besar di Kanaan mendapat privilege (hak istimewa) karena keberhasilan yang diperoleh Yusuf atas perkenanan Tuhan.


Sobat Teruna, mari kita giat belajar demi menyongsong masa depan yang gemilang. Ingatlah, jika kita menjadi orang sukses, maka bukan hanya diri sendiri yang bahagia, tentu keluarga pun juga. Kebahagiaan yang timbul akibat hasil dari kerja keras yang benar akan membawa damai sejahtera di tengah keluarga. Karena itu kita perlu bertekun dan pantang menyerah dalam meraih cita-cita dan kesuksesan. Jangan lupa bahwa yang dapat menentukan segala sesuatu adalah Tuhan, karena itu andalkan selalu Dia sebagaimana yang dilakukan Yusuf. (HT)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, mohon berikan aku hati yang teguh dalam belajar dan meraih cita-cita, agar kelak dapat menjadi anak yang membahagiakan juga membanggakan bagi keluarga, gereja, bangsa, serta terlebih memuliakan Nama-Mu.

Comments


bottom of page