top of page

AKU BISA BEKERJA SAMA



 

Maleakhi 4 : 4


4 Ingatlah kepada Taurat yang telah Kuperintahkan kepada Musa, hamba-Ku, di gunung Horeb untuk disampaikan kepada seluruh Israel, yakni ketetapan-ketetapan dan hukum-hukum.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Meskipun Dani anak yang cerdas, setiap kali ada tugas kelompok di sekolah, ia selalu terkucilkan. Itu disebabkan oleh prilaku Dani yang angkuh. Ia selalu mau menang sendiri dan tidak menghargai teman-teman kelompoknya. Andai saja Dani mampu rendah hati dan dapat bekerja sama, tentu banyak yang ingin menjadi teman kelompoknya.


Dalam bacaan Alkitab kita, Yosua telah meninggal, sehingga tidak ada lagi pemimpin di dalam umat Israel. Pada saat itu, misi yang Tuhan percayakan kepada umat Israel belumlah selesai sepenuhnya. Maka bertanyalah mereka kepada Tuhan untuk meminta petunjuk. Tuhan menjawab dengan menetapkan Yehuda menjadi pemimpin suku-suku Israel dalam menyelesaikan misi yang Tuhan percayakan. Yehuda pun menerima tanggung jawab itu dengan sepenuh hati. Hal positif yang dilakukan Yehuda adalah mengajak Simeon bekerja sama. Yehuda tidak menjadi sombong karena Tuhan memilihnya. Sebaliknya, Yehuda dengan rendah hati mengakui bahwa ia tidak mungkin bisa menyelesaikan misi Tuhan tanpa melibatkan saudara-saudaranya. Yehuda mengakui keberadaan suku-suku lainnya sama berharganya dengan dirinya. Dengan bekerja sama, maka Yehuda percaya bahwa tugas yang Tuhan percayakan, pastilah dapat diselesaikan dengan lebih mudah.


Sobat Teruna, salah satu tantangan kehidupan kita di Indonesia adalah ancaman perpecahan karena sikap saling benci dan mau menang sendiri. Tuhan memanggil kita untuk juga berperan membawa perubahan yang baik bagi bangsa kita. Belajar dari Yehuda, peran itu dapat kita lakukan, ketika kita mau membangun kerja sama dengan siapa saja untuk mencegah perpecahan bangsa. Kita dapat memulainya dengan bekerja sama bersama teman-teman kita menciptakan relasi persahabatan yang rukun dan harmonis tanpa membeda-bedakan keberagaman latar belakang yang ada. (SLSH)

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:

Ya Tuhan, mampukan diriku untuk bisa rendah hati dan bekerja sama dengan siapa saja dalam upaya membangun kehidupan yang rukun dan harmonis dengan sesama.


Comments


bottom of page