top of page

AKU MAU BERSYUKUR



 

Rut 2:18-20


18 Diangkatnyalah itu, lalu masuklah ia ke kota. Ketika mertuanya melihat apa yang dipungutnya itu, dan ketika dikeluarkannya dan diberikannya kepada mertuanya sisa yang ada setelah kenyang itu, 19 maka berkatalah mertuanya kepadanya: "Di mana engkau memungut dan di mana engkau bekerja hari ini? Diberkatilah kiranya orang yang telah memperhatikan engkau itu!" Lalu diceritakannyalah kepada mertuanya itu pada siapa ia bekerja, katanya: "Nama orang pada siapa aku bekerja hari ini ialah Boas." 20 Sesudah itu berkatalah Naomi kepada menantunya: "Diberkatilah kiranya orang itu oleh TUHAN yang rela mengaruniakan kasih setia-Nya kepada orang-orang yang hidup dan yang mati." Lagi kata Naomi kepadanya: "Orang itu kaum kerabat kita, dialah salah seorang yang wajib menebus kita."

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, mari kita buka Kidung Jemaat Nomor 444 dengan judul lagunya MENGUCAP SYUKURLAH. Boleh dinyanyikan sebelum membaca renungan ini. Isi lagu ini mengajak orang percaya untuk selalu mengucap syukur kepada Tuhan di dalam segala hal. Mengucap syukur merupakan hal yang dikehendaki oleh Allah dalam kehidupan umat-Nya. Berarti, jika orang percaya hidup dalam pengucapan syukur maka orang percaya melakukan perintah Tuhan.


Naomi mengucap syukur walaupun ia baru kembali dari Moab dan membawa serta menantunya Rut hidup dalam kemiskinan. Menghadapi kemiskinan tidak membuat mereka berdiam diri. Rut mengambil inisiatif untuk bekerja. Pulang dari bekerja Rut membawa satu efa jelai (1 efa: 36 liter). Naomi sangat bersyukur atas hasil kerja yang diperoleh Rut. Naomi memberkati orang yang telah bermurah hati kepada-Nya dan Rut. Kata-kata berkat Naomi ini menunjukkan keyakinannya akan kuasa Tuhan yang memberkati Boas. Kepercayaannya pada kuasa Tuhan inilah yang membuat ia bersyukur atas apa yang diterimanya dan memberkati orang yang berbagi berkat dengannya.


Sobat Teruna, hari ini kita mau belajar dari kehidupan Naomi yang dapat bersyukur di tengah kemiskinan yang dialaminya. Tidak mudah untuk bisa bersyukur ditengah situasi dan keadaan yang sulit. Hanya dengan percaya kepada pemeliharaan Tuhan itu yang akan membuat kita dapat mengucap syukur. Percaya bahwa Tuhan mengasihi kita dan tidak akan membiarkan kita binasa karena kesusahan. Percaya bahwa Tuhan tahu yang terbaik bagi kita serta memberkati setiap usaha dan kerja keras kita. Percaya bahwa Ia memberikan pertolongan-Nya, tepat pada waktu-Nya. Mari kita jaga dan pelihara iman kita kepada Tuhan Yesus karena bersama dengan Tuhan kita dapat mengucap syukur di dalam segala hal. (PPRR)



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus yang baik tolonglah aku agar aku dapat tetap percaya dan berpengharapan hanya kepada-Mu.



Comments


bottom of page