top of page

AKU TEGUH BERPEGANG PADA KEBAIKAN DAN KEBENARAN



 

Rut 1:15-17


15 Berkatalah Naomi: "Telah pulang iparmu kepada bangsanya dan kepada para allahnya; pulanglah mengikuti iparmu itu."16 Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Rut adalah seorang yang teguh berpegang pada apa yang telah ia putuskan. Ia telah memutuskan menikah dengan Kilyon anak Naomi. Ia telah mengikuti Kilyon tinggal di rumah bersama mertuanya. Ketika mertua lelaki dan suaminya meninggal, Rut tidak mau meninggalkan Naomi. Rut sadar keputusannya untuk menikah itu telah membuat ia mengikatkan dirinya tidak saja dengan suaminya tetapi juga dengan Naomi; ibu mertuanya yang masih hidup. Rut tidak lagi memandang Naomi sebagai mertua. Rut melihat Naomi sebagai ibunya. Keteguhannya pada keputusan yang ia buat, juga menguatkan hatinya untuk tidak meninggalkan Naomi dan mengikuti Naomi kemana pun Naomi pergi bahkan Allah Naomi menjadi Allah Rut juga. Ia teguh berpegang pada keputusannya itu. Ia tidak setengah-setengah dalam mengikuti suaminya dan mertuanya.


Sobat Teruna, dalam pergaulan kita setiap hari ada teman-teman yang mengajak kita untuk merokok, mungkin ada teman yang memengaruhi kita dengan mengucapkan kata-kata kotor atau pun kata-kata yang tidak sopan atau ada teman-teman kita yang mengajak untuk melihat video yang belum pantas untuk kita lihat. Ketika kita mengatakan “tidak” untuk ajakan atau pengaruh mereka, maka mereka akan memberi respons negatif kepada kita dan mungkin tidak mau lagi bermain dengan kita. Apa yang akan kita lakukan? Kita harus tetap teguh pada pendirian kita. Kita tidak perlu menjadi berkecil hati karena ditinggalkan teman-teman yang mengajak kita melakukan hal yang tidak baik. Memang terkadang pahit yang akan kita rasakan, tetapi yakinlah bahwa Tuhan akan memberi yang lebih baik bagi kita atas keteguhan hati kita dalam melakukan yang Tuhan kehendaki. (PPRR)



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus, tolonglah aku agar selalu teguh berpegang pada pengajaran-Mu dan teguh melaksanakannya dengan setia dalam kehidupanku setiap hari, sekalipun banyak cobaan dan godaan yang harus aku hadapi.




Comments


bottom of page