top of page

ALLAH MEMULIHKAN KEADAAN AYUB



 

Ayub 42 : 1 - 2


1 Maka jawab Ayub kepada TUHAN: 2 "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 


Selama satu minggu ini, kita telah belajar dari pengalaman kehidupan Ayub. Jika dapat diibaratkan, maka hidup Ayub seperti sebuah pepatah “Roda kehidupan selalu berputar” , yang artinya selama kita hidup, tidak hanya mengalami hal-hal yang baik dan menyenangkan, tetapi juga hal-hal yang membuat kita menderita. Begitu juga sebaliknya, tidak selamanya kita selalu hidup susah dalam penderitaan, tetapi kebahagiaan juga pasti akan kita rasakan.Sobat Teruna, kita dapat membuat sebuah catatan tentang peristiwa-peristiwa bahagia dan sedih yang terjadi dalam hidup sepanjang Tahun 2022, kemudian coba temukan rencana indah Allah melalui peristiwa-peristiwa tersebut. Adakah hal baik yang dapat kita pelajari dari peristiwa-peristiwa tersebut? Adakah kebaikan Allah yang kita rasakan dari peristiwa tersebut? Mari membuat jurnal, hasil perenungan atau refleksimu atas dua pertanyaan itu.


Dari pasal terakhir Kitab Ayub ini, dijelaskan bahwa Ayub mengakui kebesaran kuasa Allah dan segala rencana-Nya pasti terlaksana untuk kebaikan manusia. Ayub mengakui, bahwa dalam ketidak-mengertiannya, ia sempat mempertanyakan rencana Allah dalam hidupnya, namun Ayub bersyukur, ia bertemu dengan Allah yang memberi jawaban kepadanya (Ayub 42 : 3-5). Allah berkenan dengan perkataan Ayub, sehingga semua kekayaannya, keluarga dan kesehatannya dipulihkan, bahkan dua kali lipat kekayaannya yang semula (Ayub 42 : 10, 12-13, 16).


Dari kisah ini, kita belajar bahwa Allah menjaga dan memelihara kehidupan manusia melalui peristiwa-peristiwa yang terjadi, bahkan melalui penderitaan yang kita alami. Allah senang jika melalui peristiwa-peristiwa tersebut, kita semakin mengenal-Nya dan ada sifat atau karakter baik yang kita pelajar. Jurnal peristiwa hidupmu di Tahun 2022 akan menjadi semacam panduan, jika di Tahun 2023 ini kamu mengalami hal yang sama. Selamat membuat jurnal! VF/ep




 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

" Terima kasih Tuhan, untuk peristiwa-peristiwa dalam hidupku yang membantu aku menjadi pribadi yang lebih baik dalam mengenal-Mu. "

Comentários


bottom of page