ALLAHKU, ENGKAU MEMBUATKU GEMBIRA!


 

MAZMUR 104: 14-15

14 Engkau yang menumbuhkan rumput bagi hewan

dan tumbuh-tumbuhan untuk diusahakan manusia,

yang mengeluarkan makanan dari dalam tanah

15 dan anggur yang menyukakan hati manusia,

yang membuat muka berseri karena minyak,

dan makanan yang menyegarkan hati manusia.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


 


Hati yang gembira adalah obat, begitulah kata kitab Amsal. Sobat Teruna, apa yang membuat muka berseri dan hati kita gembira? Apakah memiliki idola tampan dan cantik? Apakah memiliki album para idola? Apakah memiliki wajah tanpa pori-pori seperti aktor dan artis Korea? Apakah memiliki koleksi barang-barang yang ada foto artis idola kita? Atau kalau gebetan menerima perasaan yang kita ungkapkan padanya? Pasti banyak ya, yang membuat kita gembira.


Sobat Teruna, pemazmur memiliki muka berseri, karena dia mengetahui, bahwa Allah yang menumbuhkan rumput bagi hewan. Allah juga yang menyiapkan tumbuh-tumbuhan untuk menjadi makanan manusia. Allah yang membuat muka sang pemazmur berseri dan memberikan makanan yang menyegarkan hati. Pemazmur bergembira, karena hal itu. Ia tahu, bahwa Allah menyiapkan segala sesuatu untuk hidupnya.


Sobat terkasih, apakah kita seperti pemazmur yang bersukacita, karena pemeliharaan Allah? Atau sebaliknya, apakah kita sering bersungut-sungut dan sulit mengucap syukur serta kehilangan kegembiraan, ketika apa yang diinginkan tidak diperoleh? Marilah kita mengingat bacaan hari ini, bahwa Allah-lah yang membuat kita gembira. Allah menginginkan kita memelihara bumi ini. Karena bumi adalah tempat tinggal kita. Melalui bumi ini keluar hal yang menyukakan hati, yang membuat muka berseri, dan makanan yang menyegarkan hati kita. Selain itu, Allah juga memberikan potensi kepada kita untuk terus diasah. Melalui potensi itu, kita memiliki bekal untuk masa depan nanti. Untuk itu, Sobat Teruna tidak perlu kuatir. Mari belajar dengan giat. Allah membuat hati setiap Sobat Teruna menjadi gembira, karena masa depan gemilang dipersiapkan-Nya untuk kita. (LLS)



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Terimakasih ya Allahku, Engkau senantiasa membuatku gembira. Tolong ajar aku untuk memelihara bumi, karena melaluinya, Engkau telah mengenyangkanku.