ALLAHKU, ENGKAU SANGAT PEDULI!


MAZMUR 104: 10-13

10 Engkau yang melepas mata-mata air ke dalam lembah-lembah,

mengalir di antara gunung-gunung,

11 memberi minum segala binatang di padang,

memuaskan haus keledai-keledai hutan;

12 di dekatnya diam burung-burung di udara,

bersiul dari antara daun-daunan.

13 Engkau yang memberi minum gunung-gunung dari kamar-kamar loteng-Mu,

bumi kenyang dari buah pekerjaan-Mu.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Allah menciptakan segala sesuatu baik adanya. Semua yang diciptakan pasti bermanfaat. Pada pelajaran sekolah, kita belajar tentang ekosistem dan rantai makanan. Satu ciptaan menguntungkan bagi yang lain. Apabila ekosistem terganggu, maka terganggulah rantai makanan. Itulah mengapa kita harus menjaga dengan baik seluruh ciptaan Allah.


Bacaan hari ini sangat menyejukkan. Kita dibawa ke sebuah mata air. Pemazmur memuji Allah yang melepas mata air-mata air ke dalam lembah-lembah, mengalirkannya di antara gunung-gunung. Air itulah yang memberi minum segala binatang di padang, memuaskan rasa haus keledai-keledai hutan. Betapa harmonisnya, sehingga burung-burung di udara bersiul di antara daun-daunan dan bumi kenyang dari buah pekerjaan Allah.


Sobat Teruna, segala sesuatu yang kita kuatirkan tentang apa yang akan dimakan, diminum dan dipakai serta masa depan, serahkanlah kepada Allah. Karena Allah yang Mahabesar itu sangat peduli kepada kita yang kecil ini. Kalau Allah memelihara keledai hutan dan mengenyangkan bumi, pasti Dia juga merawat kita dengan baik. Salah satu cara Allah memelihara kita adalah melalui ciptaan-Nya. Allah pun memberikan potensi kepada kita masing-masing. Mari menggali potensi kita. Melalui kesadaran akan potensi diri, mari mengetahui apa yang menjadi bekal masa depan kita. Setiap orang diberikan potensi yang berbeda oleh Allah untuk saling melengkapi. Sama seperti alam ciptaan-Nya, diciptakan untuk saling melengkapi, sehingga terjadi harmonisasi. Oleh karena itu, mari kita pakai masa teruna ini untuk bersungguh-sungguh mempersiapkan masa depan kita dengan belajar bersungguh-sungguh dan mencintai bumi. (LLS)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Engkau adalah Allah yang peduli, walaupun aku sering tidak peduli. Ajar aku untuk juga peduli kepada bumi dan sesama.




© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon