top of page

AMNESIA



 

Maleakhi 4 : 4


4 Ingatlah kepada Taurat yang telah Kuperintahkan kepada Musa, hamba-Ku, di gunung Horeb untuk disampaikan kepada seluruh Israel, yakni ketetapan-ketetapan dan hukum-hukum.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Amnesia atau hilang ingatan adalah gangguan yang menyebabkan seseorang tidak bisa mengingat fakta, informasi, atau kejadian yang pernah dialaminya. Tingkat keparahannya beragam. Ada penderita amnesia bisa lupa total peristiwa kehidupannya masa lalu. Sebagian lagi bisa lebih parah dari itu. Mereka bahkan lupa akan hal-hal yang baru saja terjadi beberapa hari sebelumnya.


Dengan berbagai cara Allah ingin mengusir sakit amnesia umatNya. Sebagai umat yang telah diberikan berkat dan anugerah keselamatan serta perlindungan dariNya, Israel sering kali menjadi lupa ingatan. Di satu waktu umat pilihan Allah itu bisa begitu khusuk beribadah kepada Tuhan-Nya tetapi tidak lama dari itu mereka bisa menyangkal keberadaan Tuhan dan melakukan tindakan amoral yang mendukakan hatiNya. Oleh karena itu di dalam bacaan hari ini melalui perantaraan nabi Maleakhi Tuhan kembali memberikan reminder atau pengingat supaya umatNya tidak lupa akan ketetapan dan hukum di dalam taurat yang diperintahkan kepada Musa di gunung Horeb. Taurat yang akan memelihara tatanan hidup dan kelestarian Israel dan keturunannya.


Sobat teruna, jangan pernah berhenti merenungkan kebaikan Tuhan dalam hidup kita. Kenalilah Dia lebih dalam lewat segala perintah dan ketetapanNya di dalam Alkitab yang kita baca setiap hari. Dengan demikian kita akan menjadi pribadi yang lebih bijaksana. Yang selalu mensyukuri berkat yang Tuhan beri. Turutlah serta menunjang pelayanan kasih di gereja sebagai perwujudan rasa syukur itu. Sekecil apapun kontribusi kita akan sangat berarti dalam mendatangkan berkat sukacita bagi orang lain. (VS)

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:

Tuhan ajar aku untuk mengingat segala kebaikanMu di dalam hidup ini, sehingga aku juga bisa lebih peduli membagi kasih kepada orang lain.


Comments


bottom of page