top of page

ARTI SEBUAH NAMA




 

LUKAS 2 : 21 - 24


21 Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya. 22 Dan ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa, mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan, 23 seperti ada tertulis dalam hukum Tuhan: ”Semua anak laki-laki sulung harus dikuduskan bagi Allah”, 24 dan untuk mempersembahkan korban menurut apa yang difirmankan dalam hukum Tuhan, yaitu sepasang burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 


Sobat teruna, apakah sobat tahu arti nama yang diberikan oleh orang tua kepada kita? Sekarang ini banyak sekali nama keren yang sedikit berbau ke barat-barat-an. Seperti Roberto, Fernando, Benedik, Zara, Lorensius, Geona, dan sebagainya. Teruna jaman sekarang tidak terlalu banyak yang memiliki nama dari budaya Indonesia.


Yuk, kita baca nama Tuhan kita yang diberikan oleh Maria, ibu-Nya. la bernama Yesus. Nama ini berasal dari bahasa Ibrani dan Aram Yeshua atau Yosua. Penggabungan dari kata Ya yakni singkatan dari Yahwe dan kata kerja yasha yang artinya menyelamatkan. Dalam Perjanjian Baru nama Yesus menjadi lesous, dalam Bahasa Indonesia dibaca Yesus. Arti nama Yesus adalah Yahwe menyelamatkan atau Tuhan adalah keselamatan. Penulis Lukas menggambarkan nama Yesus berkaitan dengan gelarnya sebagai Raja, Nabi, Mesias dan Tuhan. Itu berarti bahwa Yesus bukan hanya nama namun juga gelar. Cerita yang disampaikan oleh Lukas, Yesus sebagai orang Yahudi menjalani 3 upacara kuno sebagai laki-laki Yahudi, yaitu : sunat, penebusan anak sulung dan penyucian sesudah kelahiran. Dibalik 3 upacara ini terdapat pengakuan bahwa anak adalah anugerah Tuhan.


Sobat Teruna, apapun nama kita, tentu orang tua kita memberikannya atas dasar doa dan harapan mereka untuk kita. Baik nama kita kebaratan atau ketimuran kita harus tetap bangga oleh karena nama itu diberikan kepada kita disertai dengan doa dan harapan. Jadi kita tidak perlu malu dengan nama kita bila nama kita ketimuran. Kita juga tidak perlu angkuh bila nama kita kebarat-baratan. Semua nama memiliki arti dan dibalik nama itu ada doa dan harapan orang tua atas kehidupan kita. Kita hadir di dunia saat ini karena anugerah Tuhan melalui kehidupan papa dan mama kita. Bersyukurlah untuk nama yang diberkan kepada kita. UR/wet


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

"Tuhan, terimakasih karena Engkau telah memberikan kepadaku orang tua yang baik dan selalu mengiring hidupku dengan doa-doa mereka."

Comments


bottom of page