BAIK DAN SETIA


Matius 25 : 22-23

22 Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu, katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba dua talenta. 23 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974,2018.


Sobat Teruna, apakah itu bahagia? Menurut KBBI V, bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram. Misalnya saat kita berhasil meraih sebuah prestasi yang membanggakan keluarga atau pun sekolah. Pasti saat itu ada perasaan senang sekali dan lega karena usaha keras kita membuahkan hasil yang memuaskan. Adakah di antara kita yang bahagia saat menyakiti hati kawan atau berbuat curang? Tentu itu bukan kebahagiaan yang dimaksud oleh Tuhan. Kebahagiaan sejati di dalam Tuhan adalah ketika menjadi hamba-Nya yang baik dan setia, seperti kisah tadi.


Bacaan Alkitab hari ini menceritakan bahwa ada seorang tuan yang ketika pulang dari luar negeri, mendapati dua hambanya tetap melakukan hal yang benar. Kedua hamba yang baik dan setia itu dengan tekun mengerjakan tugas yang diberikan olehnya. Tugas yang dipercayakan tersebut dapat terlaksana, karena mereka mau mengembangkan talenta yang diberikan oleh sang Tuan. Lalu sang Tuan berkata kepada kedua hambanya itu, “Hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu”.


Sobat Teruna, Firman Tuhan ini mengajak kita untuk tidak meremehkan pesan dan tugas yang dipercayakan untuk dikerjakan. Walaupun itu berupa hal-hal yang kecil dan sederhana, tetapi akan berpengaruh besar terhadap masa depan diri dan kebahagiaan kita maupun orang lain serta lingkungan sekitar. Jadilah teruna yang baik dan setia melakukan tanggungjawab kita sesuai Firman Tuhan. Kemudian lihatlah, ada berkat dan kebahagiaan yang lebih besar lagi yang disediakan dan diberikan oleh Tuhan Yesus, Sang Tuan Agung kepada kita. (YR)






Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Bapa yang Maha kasih dan setia, aku mau menjadi anak yang baik dan tekun sebagai wujud kesetiaanku kepda-Mu. Aku percaya ada rencana Bapa yang indah di dalam dan melalui hidupku.