BERANI BERBUAT BENAR


1 Yohanes 2 : 28-29


28 Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya. 29 Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Sobat Teruna, yuk menyanyi dari KJ 356:1 yang liriknya demikian: ”Tinggallah dalam Yesus, jadilah murid-Nya, b'lajarlah Firman Tuhan, taat kepada-Nya. Tinggallah dalam Yesus, andalkan kuasa-Nya. Dialah Pokok yang benar, kitalah ranting-Nya.” Lirik lagu ini hendak mengajak orang Kristen untuk tetap tinggal di dalam Yesus. Mengapa? Karena hanya dengan tetap tinggal di dalam Yesus, orang Kristen akan dimampukan untuk melakukan apa pun secara benar dan berani terhadap sesama, apalagi kepada Tuhan.


Senada dengan lagu di atas, melalui bacaan kita hari ini Yohanes menegaskan agar orang Kristen pada saat itu sungguh-sungguh tinggal di dalam Kristus. Ada dua alasan mengapa hal itu menjadi penting untuk dilakukan. Pertama, agar ketika Yesus menyatakan diri kelak, umat-Nya beroleh keberanian dan tidak perlu merasa malu saat berjumpa dengan-Nya. Sebab dalam kehidupan di dunia ini mereka telah membuktikan juga mempertanggungjawabkan imannya kepada Tuhan dengan baik dan benar. Kedua, dengan tinggal di dalam Yesus, umat Tuhan beroleh keberanian untuk berbuat benar. Karena dengan seseorang melakukan apa yang benar dalam hidupnya, maka dia sedang menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang yang benar-benar ”lahir” atau berasal dari Yesus, Sang Kebenaran.


Sobat Teruna, ”tinggal” di dalam Tuhan berarti kita hidup di bawah naungan kasih-Nya dan lekat dengan firman-Nya. Kita mengerti apa yang menjadi kehendak-Nya dan dimampukan untuk melakukannya. Itu artinya dalam seluruh keberadaan, baik di rumah maupun sekolah dan di tengah pergaulan sekalipun, kita akan selalu yakin dan berani melakukan perintah firman Tuhan. Kita akan menjauhi dan meninggalkan segala yang jahat. Sebaliknya, kita selalu suka melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan. (VEUW)





Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, di tengah gempuran orang yang melakukan ketidakbenaran dalam hidup ini, tolong mampukan aku untuk terus berani berbuat benar sebagai tanda bahwa diriku adalah murid yang tinggal di dalam-Mu.