top of page

BERANI TAMPIL BEDA




 


Daniel 1 : 6 - 17


" 6 Di antara mereka itu ada juga beberapa orang Yehuda, yakni Daniel, Hananya, Misael dan Azarya. 7 Pemimpin pegawai istana itu memberi nama lain kepada mereka: Daniel dinamainya Beltsazar, Hananya dinamainya Sadrakh, Misael dinamainya Mesakh dan Azarya dinamainya Abednego. 8 Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya. 9 Maka Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana itu;10 tetapi berkatalah pemimpin pegawai istana itu kepada Daniel: "Aku takut, kalau-kalau tuanku raja, yang telah menetapkan makanan dan minumanmu, berpendapat bahwa kamu kelihatan kurang sehat dari pada orang-orang muda lain yang sebaya dengan kamu, sehingga karena kamu aku dianggap bersalah oleh raja." 11 Kemudian berkatalah Daniel kepada penjenang yang telah diangkat oleh pemimpin pegawai istana untuk mengawasi Daniel, Hananya, Misael dan Azarya: 12 "Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum; 13 sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja, kemudian perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pendapatmu." 14 Didengarkannyalah permintaan mereka itu, lalu diadakanlah percobaan dengan mereka selama sepuluh hari. 15 Setelah lewat sepuluh hari, ternyata perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk dari pada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja. 16 Kemudian penjenang itu selalu mengambil makanan mereka dan anggur yang harus mereka minum, lalu memberikan sayur kepada mereka. 17 Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi."


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 

SSobat teruna, setiap kita mungkin pernah berusaha keras untuk mengikuti segala sesuatu yang dinginkan oleh teman atau lingkungan kita supaya kita diterima dan tidak dianggap berbeda dengan mereka.


Bacaan hari ini mengisahkan Daniel, Sadrakh, Mesakh dan Abednego yang memilih untuk hidup berbeda dari lingkungan sekitarnya saat itu. Daniel dan kawan-kawan adalah para pemuda yang berasal dari Yehuda. Ketika negeri mereka diserang Babel, Daniel dkk dibawa ke Babel dan dipilih untuk bekerja di Istana Babel. (Dan. 1:1-6).


Untuk bekerja bagi raja Babel, maka Daniel dkk harus dipersiapkan. Salah satu persiapan yang ditetapkan adalah makan makanan raja dan minum anggur (Dan. 1:5). Namun, karena kesetiaan dan ketaatan Daniel, dkk kepada Tuhan, maka mereka berketetapan hati untuk tidak mencemarkan diri dengan memakan makanan raja dan minum anggur yang biasa diminum raja (Dan. 1:8).


Makanan dan minuman raja kemungkinan adalah hal yang haram (dilarang oleh Tuhan) bagi orang Israel dan telah terlebih dahulu dipersembahkan kepada dewa-dewa Babel. Meski tau apa yang menjadi konsekuensi dari melanggar ketetapan raja (yakni mati), namun Daniel dkk berani tampil beda demi kesetiaan mereka kepada Tuhan dan Tuhan menolong mereka (Dan. 1:9,17).


Sobat Teruna, kita mungkin mengalami kecenderungan untuk mengikuti dunia ini. Misalnya, ikutan mencontek karena semua mencontek, berbicara kasar karena semua juga melakukan, dlsb. Ketika kita berani tampil beda dari lingkungan sekitar karena kesetiaan dan ketaatan kepada Allah, mungkin kita akan dianggap aneh, diejek bahkan ditolak. Namun, kiranya kesetiaan dan ketaatan kita kepada Allah melebihi keinginan kita untuk diterima oleh lingkungan di sekitar kita. (DN)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Doa : Tuhan tolonglah aku tetap setia mengikutiMu meski harus berbeda dari dunia sekitarku.



Comentários


bottom of page