top of page

"BERBAGI BERKAT"



 

2 Tawarikh 1 : 14 - 17


14 Salomo mengumpulkan juga kereta-kereta dan orang-orang berkuda, sehingga ia mempunyai seribu empat ratus kereta dan dua belas ribu orang berkuda, yang semuanya ditempatkan dalam kota-kota kereta dan dekat raja di Yerusalem. 15 Raja membuat banyaknya emas dan perak di Yerusalem sama seperti batu, dan banyaknya pohon kayu aras sama seperti pohon ara yang tumbuh di Daerah Bukit.16 Kuda untuk Salomo didatangkan dari Misraim dan dari Kewe; saudagar-saudagar raja membelinya dari Kewe dengan harga pasar.17 Sebuah kereta yang didatangkan dari Misraim berharga sampai enam ratus syikal perak, dan seekor kuda sampai seratus lima puluh syikal; dan begitu juga melalui mereka dikeluarkan semuanya itu kepada semua raja orang Het dan kepada raja-raja Aram.



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Suatu ketika Acong pulang dari sekolah dengan membawa beberapa potong kue. Acong menyampaikan kepada ibu jika kue-kue itu diperolehnya dari teman sekelas yang berulang tahun. Acong menjelaskan jika sebenarnya kue yang diperolehnya lebih banyak lagi tetapi Acong membagikannya kepada beberapa tukang becak. Ibu menanyakan alasan perbuatan Acong tersebut lalu Acong menjelaskan bahwa perbuatannya adalah bagian dari berbagi berkat kepada orang lain. Menurut Acong, berkat yang diterimanya tidak untuk dinikmatinya sendiri tapi harus dibagikan kepada yang lain. Ibu pun senang dengan penjelasan yang diberikan oleh Acong.


Sobat Teruna, bacaan saat ini memperlihatkan kepada kita jika Salomo memiliki pasukan perang yang sangat banyak. Bukan hanya itu saja, Salomo juga memiliki emas dan perak yang banyak dan juga pohon aras yang jumlah juga banyak. Gambaran tentang kekayaan Salomo bukan untuk menyombongkan dirinya. Gambaran ini merupakan bukti dari penyataan berkat TUHAN yang diberikan kepada Salomo. Sebelum dan sesudahnya tidak ada raja yang memiliki kekayaan sama dengan Salomo. Kekayaan Salomo memiliki kaitan dengan kebijaksanaan dan kebijaksanaan juga memiliki kaitan dengan berkat.


Sobat Teruna, masing-masing kita tentu diberkati oleh TUHAN dengan potensi yang berbeda-beda. Setiap berkat yang datang kepada kita sangat terkait dengan kebutuhan hidup kita, bukan keinginan kita. Pemenuhan atau pemberian berkat itu merupakan bukti jika TUHAN sangat memperhatikan kita. Oleh karena itu, berkat yang kita terima jangan kita nikmati sendiri tapi bagikanlah juga kepada orang-orang yang membutuhkan. Mereka yang membutuhkan tidak dibatasi oleh suku, agama dan juga ras. Giatkan perilaku berbagai berkat dengan sikacita agar kehadiran kita menjadi berkat bagi sesama. DH


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Doa: "Bapa, Aku bersyukur atas seluruh berkat-Mu. Mampukanlah aku untuk sukacita berbagi berkat kepada sesama yang membutuhkan. "


bottom of page