top of page

Berdoa










 

1 Yohanes 5 : 13 - 15


13 Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal. 14 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. 15 Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Sobat Teruna, ada pertanyaan yang cukup menarik, mengapa kita perlu berdoa? Yang pertama adalah doa merupakan kewajiban, agar selalu terjalin komunikasi yang erat antara kita dengan Allah. Kedua, doa merupakan cara menjalin hubungan dengan Allah, sehingga kita dapat merasakan berkat, kuasa dan penggenapan akan janji-janji-Nya.


Sobat teruna, setiap kita pasti yakin bahwa keselamatan itu merupakan kepastian yang harus kita miliki. Kepastian akan terjadi perjumpaan kita dengan Kristus Yesus pada saat Ia akan datang kembali. Dalam doa yang kita panjatkan, mintalah sesuatu menurut kehendak Allah yang bisa terjadi dalam kehidupan. Ketika kita bertumbuh dalam pengenalan dengan Allah dan dengan Firman-Nya serta melalui pertolongan Roh Kudus, maka sobat teruna akan mengerti maksud dari kehendak Allah. Selain itu, doa yang dinaikkan haruslah menurut pandangan Allah. Walaupun hal yang sesuai menurut kehendak Allah dan baik menurut Allah sering bertentangan dengan keinginan kita, tetapi percayalah bahwa Tuhan Allah punya rencana yang terbaik buat kita.


Jadi hal yang perlu menjadi penekanan di sini adalah, bahwa doa yang kita naikkan, adalah cara manusia agar dapat selalu berkomunikasi dengan Tuhan. Doa yang sobat teruna naikkan juga bukan untuk mengubah rencana yang sudah Tuhan tetapkan menjadi seperti yang sobat teruna inginkan. Komunikasi di sini bisa diartikan bahwa Sobat Teruna tetap selalu menjaga persekutuan dengan Tuhan Allah.


Jadi ayo, sobat teruna, berusahalah untuk tetap membangun persekutuan dengan Allah. Melalui Roh Kudus yang menolong maka Sobat Teruna akan paham maksud Allah.

(CGM/sh)

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolonglah teruna-teruna-Mu ini agar dapat memiliki keyakinan dan hidup yang benar, sesuai kehendak-Mu.

コメント


bottom of page