top of page

BERDOA BAGI BANGSA





 


Yeremia 17 : 1-18


1 "Dosa Yehuda telah tertulis dengan pena besi, yang matanya dari intan, terukir pada loh hati mereka dan pada tanduk-tanduk mezbah mereka 2 sebagai peringatan terhadap mereka! --Mezbah-mezbah mereka dan tiang-tiang berhala mereka memang ada di samping pohon yang rimbun di atas bukit yang tinggi, 3 yakni pegunungan di padang. --Harta kekayaanmu dan segala barang perbendaharaanmu akan Kuberikan dirampas sebagai ganjaran atas dosamu di segenap daerahmu. 4 Engkau terpaksa lepas tangan dari milik pusakamu yang telah Kuberikan kepadamu, dan Aku akan membuat engkau menjadi budak musuhmu di negeri yang tidak kaukenal, sebab dalam murka-Ku api telah mencetus yang akan menyala untuk selama-lamanya." 5 Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! 6 Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk. 7 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! 8 Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah. 9 Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya? 10 Aku, TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya." 11 Seperti ayam hutan yang mengerami yang tidak ditelurkannya, demikianlah orang yang menggaruk kekayaan secara tidak halal, pada pertengahan usianya ia akan kehilangan semuanya, dan pada kesudahan usianya ia terkenal sebagai seorang bebal. 12 Takhta kemuliaan, luhur dari sejak semula, tempat bait kudus kita! 13 Ya Pengharapan Israel, TUHAN, semua orang yang meninggalkan Engkau akan menjadi malu; orang-orang yang menyimpang dari pada-Mu akan dilenyapkan di negeri, sebab mereka telah meninggalkan sumber air yang hidup, yakni TUHAN. 14 Sembuhkanlah aku, ya TUHAN, maka aku akan sembuh; selamatkanlah aku, maka aku akan selamat, sebab Engkaulah kepujianku! 15 Sesungguhnya, mereka berkata kepadaku: "Di manakah firman TUHAN itu? Biarlah ia sampai!" 16 Namun tidak pernah aku mendesak kepada-Mu untuk mendatangkan malapetaka, aku tidak mengingini hari bencana! Engkaulah yang mengetahui apa yang keluar dari bibirku, semuanya terpampang di hadapan mata-Mu. 17 Janganlah Engkau menjadi kedahsyatan bagiku, Engkaulah perlindunganku pada hari malapetaka. 18 Biarlah orang-orang yang mengejar aku menjadi malu, tetapi janganlah aku ini menjadi malu; biarlah mereka terkejut, tetapi janganlah aku ini terkejut! Buatlah hari malapetaka menimpa mereka, dan hancurkanlah mereka dengan kehancuran berganda.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Generasi muda Indonesia telah dimulai; penuh dinamika tantangan, dukungan dan penolakan, yang menurut Iman kita di dalam Tuhan Yesus Kristus, pasti dapat kita lewati selama kita tunduk dan berserah pada pimpinan dan ajaran Nya.


Yeremia dalam kegelisahannya akan apa yang dialami Yehuda menyadari sekaligus mengingatkan, bahwa: konsekuensi sebuah perbuatan harus dilakukan, hidup mengandalkan Tuhan mendatangkan kebahagiaan dan tidak sebaliknya, hati manusia yang lemah perlu pertolongan dan penjagaan Tuhan.


Sobat teruna, kita dan sesama generasi muda bangsa ini, beserta seluruh generasi yang ada secara umum, juga adalah manusia yang lemah dan tidak memiliki kemampuan apapun, yang butuh pertolongan binaan dan pimpinan Allah dalam setiap langkah kita, terkhusus dalam langkah untuk membangun bangsa ini. Berdoalah bagi diri kita, bagi sesama generasi muda, dan bagi seluruh generasi bangsa ini! Manfaatkan teknologi yang kita kuasai di zaman ini untuk meraih saudara-saudara yang terpisah ruang dan jarak, bagikan apa yang menjadi kebisaan kita pada mereka dan pelajari apa yang menjadi kebisaan mereka untuk dapat kita terapkan di sekitar kita, sampaikan informasi-informasi terkini yang mungkin belum mereka terima oleh karena keterbatasan waktu dan tempat.


Jadikan teknologi sahabat dan ajarkanlah juga teknologi ini supaya juga menjadi rekan bagi generasi lain di zaman kita untuk dapat mereka manfaatkan dalam aktivitas dan perjuangan mereka. Kuatkanlah satu dengan yang lain, supaya selalu mengandalkan Tuhan, selalu mau dan aktif untuk menerima pengajaran dan binaan Tuhan, dan selalu tunduk pada pimpinan dan bimbingan-Nya, serta siap melaksanakan tugas untuk membesarkan bangsa ini dan memuliakan nama Tuhan dalam hidupnya. (IND)



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

"Kami bersyukur atas anugerah-Mu untuk menjadi generasi muda bangsa ini, didiklah kami menjadi andalan-Mu untuk menyatakan kebesaran-Mu di dunia ini."




Comments


bottom of page